KORELASI ANTARA NILAI INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) UNTUK PREDIKSI KERUSAKAN RUAS JALAN

ANNISA, LARASATI (2024) KORELASI ANTARA NILAI INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) UNTUK PREDIKSI KERUSAKAN RUAS JALAN. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - affan computer.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - affan computer.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - affan computer.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jalan yang sering dilewati banyak kendaraan akan mengalami penurunan kualitas jika tidak dipelihara secara rutin. Untuk menilai kondisi jalan, digunakan metode International Roughness Index (IRI) dan Pavement Condition Index (PCI). Penelitian ini mengidentifikasi hubungan antara IRI dan PCI serta menganalisis tingkat kerusakan jalan. Berdasarkan penelitian di batas Kota Bandar Lampung hingga Jalan Kurungannyawa, nilai rata-rata PCI adalah 79,96 (kondisi baik) dan IRI adalah 4,64 (kekasaran sedang). IRI lebih unggul dalam menilai kenyamanan berkendara karena mengukur kekasaran secara akurat menggunakan profilometer, sedangkan PCI menggunakan survei visual fokus pada kerusakan struktural. Terdapat korelasi negatif signifikan antara PCI dan IRI (R = -0,449),menunjukkan semakin tinggi PCI, semakin kecil IRI. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,216 menunjukkan 21% variasi PCI dipengaruhi oleh IRI, dengan persamaan regresi PCI = 109,373 – 7,664(IRI) + 0,055(IRI)3. Kata kunci : Korelasi, International Roughness Index (IRI), Pavement Condition Index (PCI) A road that is frequently passed by a lot of vehicles will suffer a decline in quality if not regularly maintained. To assess road conditions, use the International Roughness Index (IRI) and Pavement Condition Index methods. (PCI). The study identifies the relationship between IRI and PCI as well as analyzes the level of road damage. Based on research on the border of Bandar Lampung City to the Kurungannyawa Road, the average PCI score is 79.96 (good condition) and the IRI is 4.64 (moderate roughness). The IRI is superior in assessing driving comfort by measuring stiffness accurately using a profilometer, while the PCI uses visual surveys focused on structural damage. There is a significant negative correlation between PCI and IRI (R = -0,449), indicating that the higher the PCI, the smaller the IRI. The determination coefficient (R2) of 0.216 indicates that 21% of PCI variations are influenced by IRI, with the regression equation PCI = 109,373 – 7,664(IRI) + 0,055(IRI)3. Keywords : Correlation, International Roughness Index (IRI), Pavement Condition Index (PCI)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 Teknologi (ilmu terapan) > 690 Pembangunan gedung
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:54
Terakhir diubah: 20 Feb 2025 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84739

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir