Nabila , Bilqisti Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA BERBASIS RAMAH ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Nabila Bilqisti Putri.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Nabila Bilqisti Putri.pdf Restricted to Hanya staf Download (1264Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Nabila Bilqisti Putri.pdf Download (1087Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya berbasis ramah anak terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Metode penelitian ini adalah uji coba (eksperimen) dengan jenis desain penelitian Pre-Experimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 59 peserta didik dengan sampel sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya berbasis ramah anak terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Kata Kunci: hasil belajar, ilmu pengetahuan alam dan sosial, model kooperatif, ramah anak, tutor sebaya The problem in this research is the low learning outcomes of Science (Natural and Social Sciences) students in class IV at SD Negeri 6 Metro Barat. The aim of this research is to determine the effect of using a child-friendly peer tutoring cooperative learning model on the science and science learning outcomes of class IV students at SD Negeri 6 Metro Barat. This research method is a trial (experiment) with a Pre- Experimental Design type of research design in the form of One Group Pretest- Posttest Design. The data used is quantitative data. The population in this study was 59 students with a sample of 30 students. Data collection techniques use test and non-test techniques. The sampling technique for this research uses a purposive sampling technique. The data analysis technique uses a simple linear regression test. The results of the research show that there is an influence on the application of the child-friendly based peer tutoring cooperative learning model on the science and science learning outcomes of class IV students at SD Negeri 6 Metro Barat. Keywords: cooperative model, child friendly, learning outcomes, peer tutoring, science and social
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 07:59 |
Terakhir diubah: | 20 Feb 2025 07:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84740 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |