Utchi , Umairoh (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - Utchi Umairoh.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Utchi Umairoh.pdf Restricted to Hanya staf Download (2906Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -Utchi Umairoh.pdf Download (2804Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif pada pembelajaran IPAS peserta didik sekolah dasar disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK terhadap kemampuan kognitif pada pembelajaran IPAS. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non- equivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu non- probability dengan jenis teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 72 orang peserta didik dengan sampel sebanyak 48 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap kemampuan kognitif pada pembelajaran IPAS peserta didik sekolah dasar. Kata kunci: ipas, kemampuan kognitif, model pembelajaran vak, The problem in this research was the low cognitive abilities in science and social learning elementary school students occur due to the implementation of inappropriate learning models. The purpose of this research is to determine the impact of the visualization auditory kinesthetic learning model on cognitive abilities in science and social learning. This type of research is quantitative with is quasi-experimental. The research design is non-equivalent control group design. The sampling technique usen is non-probability with a purposive sampling technique. The population in this study were 72 students with a sample of 48 students. Data collection techniques using test and non-test techniques. The data analysis technique uses a N-Gain and simple linear regression test. The results of the research show that there is significant influence and positive of using the visualization auditory kinesthetic learning model on cognitive abilities in science and social learning of elementary school students. Keywords: cognitive ability, science and social learning result, visualization auditory kinesthetic learning model
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 03:21 |
Terakhir diubah: | 21 Feb 2025 03:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84829 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |