MUHAMMAD , RIZKY RABBANI (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 3 SMAN 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - MUHAMMAD RIZKY RABBANI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - MUHAMMAD RIZKY RABBANI.pdf Restricted to Hanya staf Download (1312Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - MUHAMMAD RIZKY RABBANI.pdf Download (1002Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran sejarah selalu terhubung dengan pembentukan nilai sikap, semangat nasionalisme, rasa cinta tanah air, demokratis serta patriotisme Kaharisma Pembelajaran ini akan membentuk karakter dari peserta didik yang akan memberikan dasar agar siswa memiliki karakter yang baik dalam diri dan dapat dikembangkan. Strategi pembelajaran diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam kegiatan belajar mengajar guru menggunakan Metode tanya jawab, bisa bertanya klasikal, bertanya berantai dan bertanya silih berganti, tujuannya agar aktivitas yang disampaikan bisa efektif tersampaikan. Tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran sejarah indonesia dalam membentuk karakter siswa pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengamatan pembelajaran sejarah merupakan bagian terpenting yang harus diketahui bagi seorang pengajar untuk membuat pembelajaran sejarah sebagai acuan dalam dalam belajar sejarah agar siswa mampu berpikir kritis dan mampu mengakaji setiap perubahan di lingkunganya sertamenumbuhkan kesadaran akan perubahan dan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Sejarah, Pendidikan History learning is always connected with the formation of attitude values, the spirit of nationalism, love for the homeland, democracy and patriotism. Charisma This learning will shape the character of students who will provide the basis for students to have good character in themselves and can be developed. Learning strategy is defined as a plan that contains a series of activities designed to achieve certain educational goals. In teaching and learning activities the teacher uses the question and answer method, can ask classical questions, ask questions in a chain and ask one after another, the goal is that the activities conveyed can be conveyed effectively. The author's aim in this study was to find out how the strategy of learning Indonesian history in shaping the character of students in history subjects. This research is a methode descriptive study using a qualitative approach. The results of thestudy concluded that the observation of history learning is the most important part that must be known for a teacher to make history learning as a reference in learning history so that students are able to think critically and are able to examine any changes in their environment and raise awareness of the changes and values contained in the learning process. historical events. The purpose of learning historyis to build students' awareness so that they are able to think critically in understanding historical facts so as to create a sense of pride and love for the homeland that can be implemented in various fields. Keywords: Strategy, Learning, History, Educaion
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 07:34 |
Terakhir diubah: | 21 Feb 2025 07:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84913 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |