ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM KERIPIK PISANG ASKHA JAYA DI BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN RED OCEAN

ARRIDHA , LUTFIA NURHALIZA (2024) ANALISIS PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM KERIPIK PISANG ASKHA JAYA DI BANDAR LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN RED OCEAN. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Arridha Lutfia Nurhaliza.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Arridha Lutfia Nurhaliza Tanpa Lampiran - Arridha Lutfia Nurhaliza.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1902Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
1,2,3,5 Daftar Pustaka - Arridha Lutfia Nurhaliza.pdf

Download (1876Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Industri keripik pisang di Provinsi Lampung berkembang pesat berkat tingginya produksi pisang di daerah tersebut. Penelitian ini mengkaji strategi bisnis Perusahaan Keripik Pisang Askha Jaya di Gang PU, Jalan Pagar Alam, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, untuk menentukan apakah pendekatan Red Ocean tepat bagi mereka. Dengan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan alat analisis seperti SWOT, IFE, EFE, Skema Kerangka Empat Langkah, Kanvas Strategi dan Blue Ocean Idea Index. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Askha Jaya berhasil menerapkan strategi Samudera Biru, menciptakan pasar baru melalui produk berkualitas tinggi, promosi teknologi, dan peningkatan loyalitas pelanggan. Meskipun pendekatan Samudera Merah melibatkan penyesuaian harga dan kualitas produk, strategi Samudera Biru lebih efektif dalam pengembangan bisnis, meskipun ada tantangan dalam dimensi harga. Askha Jaya perlu menyesuaikan struktur biayanya untuk memaksimalkan potensi pasar baru tanpa terjebak dalam persaingan ketat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Samudera Biru lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan Samudera Merah untuk pengembangan bisnis Askha Jaya. Kata Kunci: Lampung, UMKM, Keripik Pisang, Strategi Samudera Merah dan Samudera Biru. i ABSTRACT ANALYSIS OF BUSINESS DEVELOPMENT AT UMKM ASKHA JAYA BANANA CHIPS IN BANDAR LAMPUNG WITH RED OCEAN STRATEGY BY ARRIDHA LUTFIA NURHALIZA The banana chips industry in Lampung Province is rapidly developing due to the high production of bananas in the region. This study examines the business strategy of the Askha Jaya Banana Chips Company located in Gang PU, Jalan Pagar Alam, Kedaton District, Bandar Lampung City, to determine whether the Red Ocean approach is suitable for them. Using a qualitative descriptive method, this research employs analytical tools such as SWOT, IFE, EFE, the Four-Step Framework, Strategy Canvas, and Blue Ocean Idea Index. The research findings indicate that Askha Jaya has successfully implemented a Blue Ocean strategy, creating a new market through high-quality products, technological promotion, and increased customer loyalty. Although the Red Ocean approach involves price adjustments and product quality improvements, the Blue Ocean strategy is more effective for business development, despite challenges in the pricing dimension. Askha Jaya needs to adjust its cost structure to maximize the potential of the new market without getting caught in intense competition. This study concludes that the Blue Ocean strategy is more effective than the Red Ocean approach for the business development of Askha Jaya. Keywords: Lampung, MSMEs, Banana Chips, Red Ocean Strategy, Blue Ocean Strategy.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 650 Manajemen dan layanan tambahan
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:42
Terakhir diubah: 21 Feb 2025 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84917

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir