EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KESADARAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA

Yessica , Solafide Siregar (2024) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KESADARAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. Abstrak Yessica - Yessica Solafide Siregar.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
3. Skripsi Yessica tanpa Lampiran - Yessica Solafide Siregar.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1652Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
2. Skripsi Yessica tanpa Pembahasan dan Lampiran - Yessica Solafide Siregar.pdf

Download (1102Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir krtitis peserta didik serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya ditinjau dari kesadaran metakognisi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMP Negeri 43 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2023/2024. Desain dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan teknik Pretest- Posttest Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Data kesadaran metakognisi diperoleh melalui angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) yang dianalisis secara deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 43 Bandar Lampung dengan sampel sebanyak 27 peserta didik kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,65 kriteria “sedang”. Uji homogenitas N-Gain sebesar Sig.0.250> 0.05. Uji hipotesis dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Hasil uji effect size sebesar 1,18 dengan kriteria “besar”. Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa penggunaan model PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya. Hasil analisis antara kesadaran metakognisi dan kemampuan berpikir kritis secara deskriptif menunjukkan bahwa lebih dari separuh peserta didik yang berada pada tingkat metakognisi ‘developed’ terdiri dari peserta didik yang berada pada kategori berpikir kritis sedang dan tinggi. Kata kunci: problem based learning, berpikir kritis, kesadaran metakognisi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 21 Feb 2025 08:10
Terakhir diubah: 21 Feb 2025 08:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/84934

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir