, WIWIK IRIANTI (2011) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV A SDN 1 GEDONG AIR. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mengesahkan.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (334Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (344Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version Download (1365Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terutama pelajaran IPA di kelas IVA SDN 1 Gedong Air, oleh karena itu, dalam penelitian ini dibahas tentang cara meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa terutama pelajaran IPA menggunakan media puzzle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif, yang berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan penelitian ini terdiri dari tiga (3) siklus. Pada setiap siklus akan dilakukan tindakan dengan langkah-langkah yang mengikuti empat daur yaitu : rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan, dilakukan pembelajaran mata pelajaran IPA dan dengan menitikberatkan penggunaan media puzzle. Diawali dengan tanya jawab tentang keadaan tubuh (tinggi dan berat tubuh) siswa, menyusun puzzle di depan kelas, membagi siswa menjadi kelompok kemudian menyusun puzzle. Dilanjutkan dengan latihan terbimbing yaitu guru membimbing siswa berdiskusi untuk memecahkan persoalan yang diberikan guru. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah latihan mandiri, yaitu siswa mengerjakan tugas secara individu. Setelah tindakan dilaksanakan, maka ditemukan fakta bahwa media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan semakin meningkatnya aktivitas belajar siswa sehingga hasil evaluasi siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklus. Hasil tes belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan media puzzle menunjukkan adanya peningkatan 39% terhadap hasil belajar siswa yaitu dengan nilai rata-rata siswa pada siklus pertama 65,9 mengalami peningkatan hingga mencapai rata-rata 79,5 pada siklus ketiga. Hasil ini sudah mencapai KKM sebagaimana telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Kata kunci : meningkatan, hasil belajar, media puzzle
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 07:19 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2014 07:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/850 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |