LINAWATI, (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Lina Wati.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Lina Wati.pdf Restricted to Hanya staf Download (1438Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - Lina Wati.pdf Download (1420Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model PjBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik SMA. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group. Data hasil penelitian dihitung menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan membandingkan perolehan hasil kelas eksperimen dan kontrol. Hasil data menunjukkan bahwa penerapan model PjBL pada materi bioteknologi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dengan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 73,26, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 49,01. Hasil perhitungan keterampilan kolaborasi kelas eksperimen juga mendapatkan rata-rata 78,70 dengan kategori baik, hasil ini memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 63,42 dengan kategori cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PjBL berbasis STEM pada materi bioteknologi berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik. Kata Kunci: Project Based Learning, Berpikir Kreatif, dan Kolaborasi ABSTRACK This research aims to determine the effect of implementing the STEM-based PjBL model on high school students' creative thinking and collaboration abilities. The type of research used is quasi-experimental. The research sample consisted of two classes selected using purposive sampling technique. This study used a pretest- posttest nonequivalent control group design. The research data was calculated using descriptive statistical analysis techniques by comparing the results of the experimental and control classes. The data results show that the application of the PjBL model to biotechnology material has an effect on students' creative thinking abilities, with an experimental class posttest average of 73.26, higher than the control class with an average of 49.01. The results of calculating collaboration skills for the experimental class also obtained an average of 78.70 in the good category. This result had a higher increase compared to the control class of 63.42 in the sufficient category. So it can be concluded that learning with the STEM- based PjBL model on biotechnology material has an effect on increasing students' creative thinking and collaboration abilities. Keywords: Project Based Learning, Creative Thinking, and Collaboration
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 22 Feb 2025 03:02 |
Terakhir diubah: | 22 Feb 2025 03:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85000 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |