ANALISIS FAKTOR STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI DI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

ENO , IBFAINSA KHOIRUNNISA (2024) ANALISIS FAKTOR STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI DI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak ENO IBFAINSA KHOIRUNNISA_BK_2013052022 - Eno Ibfainsa Khoirunnisa.pdf

Download (259Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_ENO IBFAINSA KHOIRUNNISA - Eno Ibfainsa Khoirunnisa.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1585Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN_ENO IBFAINSA KHOIRUNNISA_2013052022 - Eno Ibfainsa Khoirunnisa.pdf

Download (1624Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya tingkat stres akademik yang masih dialami oleh mahasiswa karena menyusun skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor stres akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi di Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 20 sampel mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung yang terdiri dari empat program studi yakni Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, dan Pendidikan Jasmani. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mendominasi stres akademik dalam menyusun skripsi yaitu respons biologis, berupa mahasiswa merasa pusing, sakit kepala, munculnya rasa kaku atau tegang otot di bagian tubuh, perubahan detak jantung menjadi lebih kencang, menstruasi tidak teratur, dan peningkatan jumlah keringat pada tubuh maupun telapak tangan serta kelelahan fisik saat sedang stres. Kemudian dilanjutkan dengan faktor pengembangan diri, perubahan emosional, perubahan kebiasaan hidup dan upaya pemulihan kondisi, lalu durasi pemulihan kondisi dan respons perilaku, faktor perubahan emosi, perubahan perilaku hidup, dan kepercayaan kemampuan diri. Kata Kunci : stres akademik, mahasiswa, skripsi ABSTRACT The problem in this research is the high level of academic stress that students still experience due to writing their theses. This study aims to analyze academic stress factors in students in preparing a thesis at the Department of Education, FKIP University of Lampung. This study uses a qualitative method with the type of case study research. Data collection techniques are in the form of interviews and documentation. The subject of this study is 20 samples of students of the Department of Education, FKIP University of Lampung, which consists of four study programs, namely Guidance and Counseling, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, and Physical Education. The results of this study show that the factors that dominate academic stress in compiling a thesis are biological responses in the form of students feeling dizzy, headaches, the appearance of stiffness or muscle tension in body parts, changes in heart rate to become faster, irregular menstruation, and an increase in the amount of sweat on the body and palms as well as physical fatigue when stressed. Then continued with self-development factors, emotional changes, changes in life habits and efforts to recover the condition, then the duration of condition recovery and behavioral responses, factors for emotional changes, changes in life behavior, and confidence in self-ability. Key words: academic stress, students, thesis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 22 Feb 2025 03:14
Terakhir diubah: 22 Feb 2025 03:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85004

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir