KEVIN , MUHAMMAD DIZA (2024) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK KEVIN - Kevin M Diza.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL KEVIN - Kevin M Diza.pdf Restricted to Hanya staf Download (1969Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN KEVIN - Kevin M Diza.pdf Download (1884Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah motivasi belajar mahasiswa menurun. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara penggunaan Tik Tok terhadap motivasi belajar mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 mahasiswa Bimbingan dan Konseling UNILA trimester awal dengan responden perempuan 72 (72%) dan laki-laki 28 (28%). Mayoritas dari angkatan 2021 (37%) dan paling sedikit angkatan 2023 (29%) dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan skala media sosial dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan uji korelasi penggunaan Tik Tok berhubungan negatif dengan motivasi belajar, dengan r hitung = -0,413 > r tabel = 0,163. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Tik Tok memiliki hubungan negatif dengan motivasi belajar mahasiswa. Hal ini menunjukkan jika penggunaan media sosial Tik Tok tinggi maka motivasi belajar rendah. Sebaliknya penggunaan media sosiak Tik Tok rendah maka motivasi belajar tinggi. Kata kunci: Tiktok, Motivasi belajar, Mahasiswa. ABSTRACT The problem of this research is that students' learning motivation decreases. This research aims to determine the relationship between the use of Tik Tok and the learning motivation of Guidance and Counseling students at the University of Lampung. The method used in this research is a quantitative research method. The sample used in this research was 100 early trimester UNILA Guidance and Counseling students with 72 (72%) female respondents and 28 (28%) male respondents. The majority of the class of 2021 (37%) and at least the class of 2023 (29%) used purposive sampling techniques. This research uses data collection techniques using a social media scale and a learning motivation scale. The data analysis technique uses the product moment correlation test. The results of this research show that the correlation test for using Tik Tok is negatively related to learning motivation, with r = -0.413 > r table = 0.163. So it can be concluded that the use of Tik Tok has a negative relationship with student learning motivation. This shows that if the use of Tik Tok social media is high then learning motivation is low. On the other hand, the use of social media Tik Tok is low, so learning motivation is high Keywords: tiktok, learning motivation, college student.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 100 Filsafat dan psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 22 Feb 2025 03:51 |
Terakhir diubah: | 22 Feb 2025 03:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85010 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |