Adhani , Mayvera (2024) PEMAHAMAN GURU SEJARAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - Adhani Mayvera.pdf Download (188Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Adhani Mayvera.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN - Adhani Mayvera.pdf Download (6Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman guru sejarah dalam pelaksanaan pembelajaran dan asesmen/evaluasi dalam kurikulum merdeka di SMAN 1 Seputih Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, teknik observasi, serta teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di SMAN 1 Seputih Mataram sudah baik, hal ini dapat dilihat dari guru sudah melaksanakan pembelajaran diferensiasi berdasarkan isi, proses dan lingkungan belajar, tetapi guru tidak melaksanakan diferensiasi berdasarkan produk. Sedangkan pemahaman guru dalam asesmen/evaluasi pada kurikulum merdeka sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari langkah-langkah yang sesuai dan guru telah menerapkan asesmen sumatif dan formatif. Kata Kunci : Pemahaman, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Sejarah ABSTRACT The aim of this research is to find out how history teachers understand the implementation of learning and assessment/evaluation in the independent curriculum at SMAN 1 Seputih Mataram. The method used in this research is a descriptive qualitative method with data collection techniques, namely interview techniques, observation techniques and documentation techniques. The research results show that teachers' understanding in implementing independent curriculum learning at SMAN 1 Seputih Mataram is good, this can be seen from the teachers implementing differentiated learning based on content, process and learning environment, but teachers do not implement differentiation based on products. Meanwhile, teachers' understanding of assessment/evaluation in the independent curriculum is very good, this can be seen from the appropriate steps and teachers have implemented summative and formative assessments. Keywords: Understanding, Independent Curriculum, History Learning
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 14:26 |
Terakhir diubah: | 26 Feb 2025 14:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85073 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |