PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK PADA MATERI ANALISIS DATA KELAS X SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

NANDA , PERTIWI (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK PADA MATERI ANALISIS DATA KELAS X SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2713Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2317Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Bahan ajar memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Pergantian kurikulum menuntut guru untuk mencari alternatif tambahan dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka dan dapat mudah dipahami oleh peserta didik. E-Book berbantuan Heyzine Flipbook dipilih sebagai bahan ajar yang dirasa tepat dan sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan dan kepraktisan dalam pengembangan bahan ajar E-Book. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang mencakup empat tahapan pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Bandarlampung kelas X Jurusan TKJT. Teknik analisis data dilakukan dengan menilai kevalidan dan kepraktisan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk dari ahli materi mencapai 93% dan ahli media 98% dengan kategori validitas sangat baik. Uji respons peserta didik mencapai 86,2% dengan kategori kepraktisan tinggi. Sementara itu, uji persepsi pendidik mencapai 100% dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Dengan demikian, bahan ajar E-Book dinyatakan valid dan praktis serta dapat dimanfaatkan oleh guru maupun peserta didik. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan guna mengukur efektivitas bahan ajar E-Book yang telah dikembangkan. Kata kunci : Bahan Ajar, E-Book, Heyzine Flipbok, Pengembangan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308660089 . Digilib
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:58
Terakhir diubah: 28 Feb 2025 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85113

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir