PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MUATAN PPKN KELAS V SDN 2 METRO SELATAN

Ikhsan, Kurniawan (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MUATAN PPKN KELAS V SDN 2 METRO SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - IKHSAN KURNIAWAN.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - IKHSAN KURNIAWAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1997Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - IKHSAN KURNIAWAN.pdf

Download (1834Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada peserta didik di kelas V SDN 2 Metro Selatan yang disebabkan oleh pasifnya peserta didik karena kurangnya keterampilan pendidik dalam menggunakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantu media powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada muatan PPKn kelas V SDN 2 Metro Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan metode menggunakan non-equivalent control group design yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi berjumlah 50 orang peserta didik dengan sampel 50 orang peserta didik. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran discovery learning berbantu media powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada muatan PPKn kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung (54,8) > Ftabel (4,28). Penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis pada muatan PPKn antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung (4,064) > ttabel (2,010). Kata kunci: Berpikir kritis, discovery learning, PPKn The problem in the research is the low critical thinking ability of students in class V of SDN 2 Metro Selatan which is caused by students being passive due to the lack of educators' skills in using learning models that involve students to actively participate in learning. The purpose of this research is to determine the effect of the discovery learning model assisted by PowerPoint media on students' critical thinking abilities in class V PPKn content at SDN 2 Metro Selatan. The type of research used is quantitative research with an experimental approach with a method using non-equivalent control group design involving an experimental group and a control group. The population is 50 students with a sample of 50 students. Data were analyzed using simple regression tests and t tests. The results of this research show that there is a significant influence on the application of the discovery learning model assisted by powerpoint media on students' critical thinking abilities in class V PPKn content at SD Negeri 2 Metro Selatan as indicated by the value of Fcount (54.8) > Ftable (4, 28). This research also shows that there are differences in critical thinking abilities in PPKn content between the experimental class and the control class, indicated by the value of tcount (4.064) > ttable (2.010). Key words: Critical thinking, discovery learning, PPKn

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 27 Feb 2025 07:05
Terakhir diubah: 27 Feb 2025 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85131

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir