PELAKSANAAN PENDAFTARAN MEREK PADA UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) WARUNK KOPI PEMUDA BOGOR (Studi Di UMKM Warunk Kopi Pemuda Kota Bogor)

Romando, Gunawan (2024) PELAKSANAAN PENDAFTARAN MEREK PADA UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) WARUNK KOPI PEMUDA BOGOR (Studi Di UMKM Warunk Kopi Pemuda Kota Bogor). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Romando Gunawan.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL -Romando Gunawan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3552Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Romando Gunawan.pdf

Download (2474Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Merek adalah salah satu bagian kekayaan intelektual yang berfungsi sebagai identitas yang mempunyai daya pembeda antara produk barang atau jasa sejenis lainnya yang diciptakan oleh para pelaku bisnis usaha termasuk UMKM. Sistem perlindungan konstitutif (first to file) yang dianut Indonesia mengharuskan pelaku UMKM untuk melakukan permohonan pendaftaran merek melalui Kemenkumham untuk memperoleh hak atas merek dagangnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pendaftaran merek pada UMKM Warunk Kopi Pemuda Bogor yang ditinjau dari Permenkumham Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pendaftaran Merek, mengetahui dan menganalisis kendala-kendala yang dihadapi oleh UMKM Warunk Kopi Pemuda dalam melakukan pendaftaran merek dagangnya. Penelitian hukum yang digunakan adalah penelitian hukum normatif-empiris dengan tipe penelitian deskriptif. Pendekatan masalah yang digunakan adalah metode pendekatan perundang-undangan (statute approach). Pengumpulan data yang dilakukan dengan studi kepustakaan dan wawancara. Selanjutnya, data diolah dengan seleksi data, pemeriksaan data, klasifikasi data, dan penyusunan data serta dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendaftaran merek dagang yang dilakukan oleh UMKM Warunk Kopi Pemuda di Kota Bogor telah sesuai dengan syarat dan prosedur pendaftaran merek pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. UMKM Warunk Kopi Pemuda telah terdaftar pada tahun 2023 dengan dibuktikannya nomor pendaftaran IDM001135438. Kendala-kendala yang dihadapi oleh pemilik UMKM Warunk Kopi Pemuda dalam melakukan pendaftaran merek, antara lain yaitu kurangnya pengetahuan tentang proses pendaftaran merek, mahalnya biaya pendaftaran merek, dan jalur proses birokrasi yang kurang efektif dan efisien. Kata Kunci: Merek, Pendaftaran Merek, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 27 Feb 2025 08:38
Terakhir diubah: 27 Feb 2025 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85158

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir