Amirah , Ulfah (2024) ANALISIS TITIK RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS PADA KAWASAN PENDIDIKAN JALAN SOEKARNO HATTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Bundaran Raden Intan – Fly Over Sultan Agung). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERISTAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Amirah Ulfah.pdf Download (286Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL SKRIPSI - Amirah Ulfah.pdf Restricted to Hanya staf Download (3750Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Amirah Ulfah.pdf Download (2492Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Bandar Lampung merupakan daerah yang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi salah satunya di Jalan Soekarno Hatta. Jalan tersebut merupakan salah satu arteri utama dalam sistem transportasi kota ini, dengan volume lalu lintas yang tinggi dan mobilitas yang padat. Hal ini menyebabkan tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas di kawasan tersebut, terutama pada kawasan pendidikan yang dilalui oleh mahasiswa dan siswa sekolah setiap harinya. Oleh karena itu studi ini akan dikaji tentang Analisis Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Kawasan Pendidikan Jalan Soekarno Hatta Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam mencari mencari blackspot daerah rawan kecelakaan di Jalan Soekarno Hatta mengunakan metode Equivalent Accident Number (EAN), metode Upper Control Limit (UCL) dan metode Cussum. Tahapan Metode yang digunakan dalam menganalisis data ialah dengan mengambil data primer pada penelitian ini berupa data geometrik jalan dan kondisi lingkungan jalan rawan kecelakaan dan data sekunder berupa data kecelakaan tahun 2018 sampai 2022 yang diperoleh dari Kepolisian Resor Kota Bandar Lampung. Hasil studi didapatkan tiga daerah yang teridentifikasi blackspot yaitu Jalan Soekarno Hatta km 4, km 7, km 9. Menggunakan metode cussam didapatkan bahwa km 4 stasioning 4 merupakan daerah yang paling rawan kecelakaan dengan nilai cussam 6,4. Kata kunci : Titik Rawan Kecelakaan, EAN, UCL, Cussam. ABSTRACT ANALYSIS OF TRAFFIC ACCIDENT PRONE POINTS IN THE EDUCATIONAL AREA OF SOEKARNO HATTA ROAD, BANDAR LAMPUNG (Case Study Roundabout Raden Intan – Sultan Agung Flyover) By Amirah Ulfah Bandar Lampung City is an area with a relatively high vulnerability to traffic accidents, particularly on Soekarno Hatta Street. This road is one of the main arteries in the city's transportation system, with high traffic volume and dense mobility. This leads to a high rate of traffic accidents in the area, especially in the educational zones frequented by students every day. Therefore, this study will examine the Analysis of Accident Prone Points in the Traffic Accidents at the Educational Zone of Soekarno Hatta Street, Bandar Lampung. The method used to identify blackspots, areas prone to accidents on Soekarno Hatta Street, includes the Equivalent Accident Number (EAN) method, the Upper Control Limit (UCL) method, and the Cussum method. The methodological steps for analyzing the data involve collecting primary data, such as road geometry and accident-prone environmental conditions, and secondary data, which includes accident data for the years 2018, 2019, 2020, 2021, and 2022 obtained from the Bandar Lampung City Police Resort. The study results identified three blackspot areas, namely Soekarno Hatta Street at km 4, km 7, and km 9. Using the Cussum method, it was found that km 4 at stationing 4 is the most accident-prone area with a Cussum value of 6.4. Keywords: Blackspot, EAN method, UCL method, Cussum method
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 09:03 |
Terakhir diubah: | 27 Feb 2025 09:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85166 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |