ADJI, W. S. MINADJA (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Wsm Adji.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
FULL TESIS (TANPA LAMPIRAN) - Wsm Adji.pdf Restricted to Hanya staf Download (2211Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN - Wsm Adji.pdf Download (1668Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD dengan pendekatan contextual teaching and learning yang terkategori valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient, Desain penelitian mengacu pada model ADDIE (analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Kotabumi kelas VII semester genap tahun ajaran 2023/2024 pada materi aritmatika sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya wawancara, tes dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji independent sample t test. Hasil pengembangan E-LKPD dengan pendekatan contextual teaching and learning memiliki kriteria valid dan praktis. Kriteria kevalidan ini ditinjau dari hasil penilaian para ahli materi sebesar 0,84 dan ahli media sebesar 0,90 yang menyatakan bahwa produk valid. Selanjutnya Kriteria kepraktisan ditinjau dari hasil penilaian respon guru sebesar 0,90 dan respon siswa 0,80 yang menyatakan produk praktis. Hasil dari uji proporsi menunjukan bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah terkategori baik lebih dari 60%. selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis data N-gain memperlihatkan adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil temuan dan analisis data disimpulkan bahwa E-LKPD dengan pendekatan contextual teaching and learning memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa. Kata kunci: E-LKPD, Contextual Teaching and Learning, kemampuan pemecahan masalah, Adversity Quotient This research is development (RnD) which aims to produce E-LKPD with contextual teaching and learning approach have a category of valid, practical, and effective in improving problem solving skill and adversity quotient. Research design using ADDIE (analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). This research was conducted at SMPN 5 Kotabumi class VII even semester of the 2023/2024 school year on social arithmetic material. The data collection techniques used include interviews, tests and questionnaires. The data analysis technique in this study used descriptive statistics and independent sample t test. Result development of E-LKPD with contextual teaching and learning approach valid and practical. The validity criteria are reviewed from the results of the material experts' assessment has a value of 0,84 and the media experts give value 0,90 so the produk is valid. The validity criteria are reviewed from the results of teacher response assessment of 0,90 and student response of 0,80 therefore the produk is practical. The results of the proportion test show that the proportion of students who have good problem solving abilities is more than 60%. Furthermore, based on the results of hypothesis testing data n-gain, there are differences in the improvement of mathematical problem solving skills and adversity quotient between experiment class and control class. Based on the findings and data analysis, it is concluded that E-LKPD with contextual teaching and learning approach fulfil the criteria of valid, practical and effective in improving problem solving skill and adversity quotient Keyword: E-LKPD, Contextual Teaching and Learning, Problem Solving, Adversity Quotient
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 07:48 |
Terakhir diubah: | 28 Feb 2025 07:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85226 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |