NAILA , RAHMA KURNIA (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPAS KELAS IV SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - NAILA RAHMA KURNIA.pdf Download (63Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL -NAILA RAHMA KURNIA.pdf Restricted to Hanya staf Download (877Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - NAILA RAHMA KURNIA.pdf Download (846Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, jenis metode eksperimen semu (quasi experiment design) dengan bentuk Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 59 dan sampel yang digunakan yaitu 41 peserta didik kelas IVA dan IVB, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal essay dan non tes berupa observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat yang ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung (46,55) > Ftabel (4,35). Kata Kunci: kreatif, peserta didik, project based learning The problem in this research is the low level of creative thinking abilities of fourth grade elementary school students. This research aims to determine the effect of using the project based learning model on the science and science creative thinking abilities of class fourth elementary school students. This type of research is quantitative research with an experimental approach, a type of quasi-experimental method (quasi experiment design) in the form of Non-equivalent Control Group Design. The population of this study was 59 and the sample used was 41 students in classes grade A and grade B, the sample was determined using a purposive sampling technique. Data collection techniques were carried out using tests in the form of essay questions and non-tests in the form of observation and documentation studies. The data analysis technique uses a simple linear regression test. The results of this research show that there is a significant influence on the application of the project based learning model on the science and science creative thinking abilities of class grade students at elementary school Negeri 5 Metro Pusat as indicated by the value of Fcount (46.55) > Ftable (4.35). Keywords: creative, project based learning, students
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:58 |
Terakhir diubah: | 03 Mar 2025 02:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85260 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |