PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK

M. Mansur, - (2024) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - muhammad mansur.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - muhammad mansur.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2168Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN - muhammad mansur.pdf

Download (2154Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Proses pembelajaran yang berlangsung baik di dalam kelas maupun di luar kelas merupakan proses yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan hingga dapat merubah seseorang peserta didik dari yang tadinya tidak mengetahui menjadi bisa mengetahui, adanya media pembelajaran proses belajar mengajar menjadi mudah dan menarik sehingga siswa dapat mengerti dan memahami pelajaran dengan mudah. Hasil belajar IPA di SDN 1 Karyamulyasari kelas VI belum sesuai dengan hasil kriteria ketuntasan minmal, untuk itu pengembangan video pembelajaran interkatif berbasis inquiry ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan kondisi pengembangan, proses pengembangan, efektivitas, kemenarikan efisiensi dan karakteristik pengembangan video interaktif berbasis inquiry di SDN 1 Karyamulyasari. Penelitian ini menggunakan R&D dengan model Borg & gall, sampel penelitian berjumlah 30 orang peserta didik SDN 1 Karyamulyasari. Hasil penelitian adalah 1) Potensi dan kondisi di SDN 1 Karyamulyasari sesuai dengan analisis kebutuhan, 2) Proses pengembangan dengan 7 tahap melibatkan ahli media, ahli materi dan ahli desain, 3) Efektivitas pengembangan dilakukan pada kelas ekperimen dengan hasil peningkatan 42,93% dan memberikan pengaruh signifikan sebesar 0,008. 4) Kemenarikan pengembangan video interaktif berbasis inquiry didukung dengan hasil persentase 70,5% dengan klasifikasi menarik, 5) Efisiensi waktu berkategori sedang dengan 180 menit untuk empat kali pertemuan. 6) Karakteristik dari pengembangan video pada penelitian ini, video berdurasi kumulatif setiap bagian video terlama berdurasi 9.27 menit, sedangkan bagian video terpendek berdurasi 10 detik, video pengembangan menggunakan system Hyperling, video juga dilengkapi dengan modul pembelajaran materi system tata surya tingkat SD, sehingga peserta didik dapat menggunakan secara mandiri baik secara online maupun offline. Kata Kunci : Hasil Belajar Sekolah Dasar, Pembelajaran Inquiry, System Tata Surya, Video Interaktif The learning process that takes place both in the classroom and outside the classroom is a process that is carried out continuously and continuously so that it can change a learner from not knowing to knowing, the existence of learning media makes the teaching and learning process easy and interesting so that students can understand and understand lessons easily. Science learning outcomes at SDN 1 Karyamulyasari grade VI are not in accordance with the results of the minimum completeness criteria, for this reason the development of inquiry-based interactive learning videos aims to determine the potential and conditions of development, the development process, effectiveness, attractiveness efficiency and characteristics of inquiry-based interactive video development at SDN 1 Karyamulyasari. This research uses R&D with the Borg & gall model, the research sample amounted to 30 students of SDN 1 Karyamulyasari. The results of the research are 1) Potential and conditions at SDN 1 Karyamulyasari in accordance with the needs analysis, 2) The development process with 7 stages involves media experts, material experts and design experts, 3) The effectiveness of the development was carried out in the experimental class with an increase of 42.93% and a significant effect of 0.008. 4) The attractiveness of inquiry-based interactive video development is supported by the results of a percentage of 70.5% with an attractive classification, 5) Time efficiency is categorized as moderate with 180 minutes for four meetings. 6) The characteristics of the video development in this study, the cumulative duration of each part of the longest video is 9.27 minutes, while the shortest video part is 10 seconds long, the development video uses the Hyperling system, the video is also equipped with a learning module for elementary level solar system material, so that students can use it independently both online and offline. Keywords : Elementary School Learning Outcomes, Inquiry Learning, Solar System, Interactive Video

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 03 Mar 2025 05:18
Terakhir diubah: 03 Mar 2025 05:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85298

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir