AYURA , GADWINA (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORMANCE (ETLE) UNTUK MENGURANGI KECELAKAAN PADA JALAN TOL TRANS SUMATERA RUAS TOL BAKAUHENI–TERBANGGI BESAR. Masters thesis, UNIVERISTAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - AYURA GADWINA.pdf Download (244Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. TESIS FULL - AYURA GADWINA.pdf Restricted to Hanya staf Download (2141Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - AYURA GADWINA.pdf Download (1534Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perilaku pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas sering menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain seperti menerobos lampu lalu lintas, melanggar marka, mengendarai dengan kecepatan tinggi, menggunakan telepon genggam, dan lain-lain. Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju mendorong kepolisian RI mengembangkan sistem informasi yang didukung oleh perangkat lunak berbasis jaringan yang memungkinkan penyebaran informasi secara realtime. Salah satu inovasi layanan publik berbasis teknologi dalam era teknologi industri 4.0 pada bidang lalu lintas adalah sistem ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement). Dalam penegakannya, proses tilang elektronik dibantu oleh teknologi dengan pemasangan kamera CCTV (Closed Circuit Television) pada traffic light dengan tujuan adalah agar mudah memantau keadaan jalan yang ditinjau. Untuk mengetahui apakah penerapan ETLE efektif untuk menurunkan kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatera berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan diatas, maka diperlukan penelitian terkait keefektifan penerapan kebijakan ETLE pada jalan Tol Trans Sumatera. Hasil dari penelitian ini yaitu efektivitas sistem ETLE pada ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar dapat mencapai potensi maksimal, jika terjadi penurunan yang cukup besar pada jumlah kecelakaan setelah pemasangan sistem ini. Apabila dibandingkan dengan sebelum diterapkannya ETLE yaitu pada tahun 2020 dapat dilihat bahwa terjadi penurunan jumlah kecelakaan yang cukup signifikan yaitu sebesar 19,53% pada tahun 2021, juga pada 2022 penurunan persentase sebesar 19,53%, dan penurunan sebesar 17,19% pada tahun 2023. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat adanya penurunan terhadap jumlah kejadian kecelakaan dari tahun sebelum dengan sesudah adanya penerapan ETLE (Electronic Traffic Law Enformance). Walau demikian, tetap diperlukan peningkatan sensor pada sistem ETLE, terutama untuk mendeteksi pelanggaran Over Dimension Over Loading (ODOL), guna mengurangi tingkat kecelakaan Untuk mengurangi kecelakaan yang terjadi, perlu ditingkatkan dengan menambahkan rest area di jalan tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Hal ini penting Khususnya, tingkat kecelakaan yang tinggi di titik KM 120-130 papa jalur tol Bakauheni-Terbanggi Besar dan jalur tol Terbanggi Besar-Bakauheni, juga didukung oleh data kejadian kecelakaan paling banyak terjadi pada pukul 00.00-06.00 dini hari sejumlah 81 kejadian, dan faktor terbesar penyebab kecelakaan adalah mengantuk dengan persentase sebesar 55%. Kata kunci: Kecelakaan, ETLE, Jalan Tol Trans Sumatera. ABSTRACT ELECTRONIC TRAFFIC LAW EFFECTIVENESS ANALYSIS ENFORCEMENT (ETLE) TO REDUCE ACCIDENTS ON THE TRANS SUMATERA TOLL ROAD BAKAUHENI–TERBANGGI BESAR TOLL SECTION By AYURA GADWINA Driver behavior that violates traffic rules often causes traffic accidents, including breaking through traffic lights, violating markings, driving at high speed, using a cell phone, and so on. The increasingly advanced development of information technology has encouraged the Indonesian police to develop an information system supported by network-based software that enables the dissemination of information in real time. One of the technology-based public service innovations in the industrial technology 4.0 era in the traffic sector is the ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) system, the implementation of technology to record traffic violations electronically. In its enforcement, the electronic ticketing process is assisted by technology by installing CCTV (Closed Circuit Television) cameras at traffic lights with the aim of making it easy to monitor the condition of the road being reviewed. To find out whether the implementation of ETLE is effective in reducing traffic accidents on the Trans Sumatra Toll Road based on the problems described above, research is needed regarding the effectiveness of implementing the ETLE policy on the Trans Sumatra Toll Road. The results of this research are that the effectiveness of the ETLE system on the Bakauheni-Terbanggi Besar toll road can reach its maximum potential, if there is a large enough reduction in the number of accidents after installing this system. When compared with before the implementation of ETLE, namely in 2020, it can be seen that there has been a significant decrease in the number of accidents, namely 19.53% in 2021, also in 2022 a percentage decrease of 19.53%, and a decrease of 17.19% in 2023. This shows that there is a decrease in the number of accidents from the year before and after the implementation of ETLE (Electronic Traffic Law Information). However, it is still necessary to improve the sensors in the ETLE system, especially to detect Over Dimension Over Loading (ODOL) violations, in order to reduce the accident rate. To reduce the accidents that occur, it needs to be improved by adding a rest area on the Bakauheni – Terbanggi Besar toll road. This is important. In particular, the high accident rate at point KM 120-130 papa of the Bakauheni-Terbanggi Besar toll road and the Terbanggi Besar-Bakauheni toll road, is also supported by data on the most accidents occurring at 00.00-06.00 in the morning with a total of 81 incidents, and the biggest factor causing accidents is drowsiness with a percentage of 55%. Keywords : Accident, ETLE, Trans Sumatera Toll Road
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:30 |
Terakhir diubah: | 03 Mar 2025 06:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85302 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |