Fadiyah , Farah Khoirunnisaa (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) PADA PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
Abstrak_Fadiyah Farah Khoirunnisaa - Fadiyah Farah Khoirunnisaa.pdf Download (226Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL FADIYAH FARAH - Fadiyah Farah Khoirunnisaa.pdf Restricted to Hanya staf Download (2920Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN FADIYAH FARAH - Fadiyah Farah Khoirunnisaa.pdf Download (2197Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Assessment for Learning pada pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan kolaboratif peserta didik yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan 5 tahap pengembangan menurut Branch (2010), yaitu: (1) Alalyze; (2) Design; (3) Development or Production; (4) Implementation or Delivery; (5) Evaluations. Berdasarkan hasil validasi ahli, instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif memperoleh persentase nilai sebesar 93,64% dalam kategori sangat valid, sementara instrumen penilaian kemampuan kolaboratif memperoleh persentase nilai sebesar 97,35% dalam kategori sangat valid. Sehingga, instrumen penilaian layak digunakan. Instrumen penilaian ini diuji cobakan pada 36 peserta didik di SMAN 1 Gadingrejo dan hasil uji coba lapangan tersebut dianalisis menggunakan model Rasch berbantuan software Ministep 4.8.2. Hasil analisis data uji coba diperoleh 8 butir soal instrumen kemampuan berpikir kreatif dan 15 butir soal instrumen penilaian kemampuan kolaboratif dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif peserta didik dinyatakan reliabel dengan nilai alpha cronbach secara berturut-turut sebesar 0,79 dan 0,88 dengan kategori reliabilitas bagus dan bagus sekali. Uji kepraktisan instrumen penilaian ini memperoleh rata-rata skor sebesar 93,74% kategori sangat praktis untuk instrumen berpikir kreatif, sedangkan untuk instrumen kolaboratif 95,83% (Self assessment), dan 94,79% (Peer assessment) dengan kriteria sangat praktis. Produk akhir instrumen penilaian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kolaboratif pada pembelajaran fisika PjBL dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen, yaitu valid, reliabel, dan praktis Kata kunci : Instrumen penilaian, Assessment for Learning, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Kolaboratif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 06:57 |
Terakhir diubah: | 03 Mar 2025 06:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85311 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |