IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SDIT BINA INSANI MESUJI

ALIFFIA , HANIF ARIYANI (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SDIT BINA INSANI MESUJI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK -ALIFFIA HANIF ARIYANI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - ALIFFIA HANIF ARIYANI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1683Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - ALIFFIA HANIF ARIYANI.pdf

Download (1624Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SDIT Bina Insani masih dilakukan secara bertahap, hal ini berakibat pada proses implementasi manajemen kurikulum merdeka karena adanya perbedaan dalam menerima perubahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di SDIT Bina Insani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar di SD IT Bina Insani terdiri dari 1) Perencanaan kurikulum dilakukan dengan partisipasi berbagai pihak dan telah menyusun perangkat pembelajaran. Selain itu dalam perencanaan, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan telah dirancang dengan mengacu pada prinsip-prinsip merdeka belajar, dan telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik 2) Pengorganisasian kurikulum dilakukan melalui penyusunan jadwal pembelajaran, penentuan tugas dan penyusunan kriteria kerja yang dilakukan melalui rapat koordinasi. 3) Pelaksanaan kurikulum merdeka dilakukan dengan baik berkat kerjasama harmonis antar personil dan kepemimpinan yang efektif dari kepala sekolah. Penerapan kurikulum merdeka sudah dilakukan dengan standar proses kurikulum merdeka dan diikuti dengan program sekolah yang menerapkan nilai-nilai literasi dalam pembiasaan sehari-hari. 4) Pengawasan kurikulum dilakukan dengan baik oleh kepala sekolah yang dilakukan secara teratur dan berkala baik secara langsung atau melalui kegiatan supervisi yang dilakukan. Minimal 2 kali dalam satu tahun, Berdasarkan hasil penelitian terkait manajemen SDIT Bina Insani berada pada tahap pengembangan dan penyempurnaan dalam penerapan kurikulum merdeka belajar. Kata Kunci : Fungsi, Implementasi, Manajemen, Kurikulum Merdeka Belajar. Implementation of the independent curriculum of learning at SDIT Human Construction is still being progressively carried out, this has resulted in the process of implementation of independent management of curricula due to differences in acceptance of such changes. This research aims to describe the implementation of independent management curriculum learning in Human Building IT SD. This research uses qualitative methods with the type of case study research. Data collection techniques are observations, interviews and documentation. The result of this research is the implementation of the management of the independent learning curriculum in SD Human Building IT which consists of 1) The curricular planning is carried out with the participation of various parties and has compiled learning tools. In addition, in the planning, the Operational Curriculum of the Education Unit has been designed with reference to the principles of independent learning, and has been adapted to the needs of the pupils 2) The organization of the curricula is done through the preparation of learning schedules, the determination of tasks and the formulation of working criteria carried on through coordination meetings. 3) Implementation of an independent curriculum is done well thanks to harmonious cooperation between staff and effective leadership of the head of the school. Implements of an independent Curriculum has been done with the standard of independent course process and followed by a school program that applies literacy values in everyday practice. 4) Curricular supervision is performed either by the head of school regularly and periodically either directly or through supervisory activities carried out. At least 2 times a year, based on the results of the research, the Ministry of IT Construction Humanities is at the stage of development and perfection in the application of the independent curriculum of learning. Keywords: Functions, Implementation, Management, Free Learning Curriculum.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:04
Terakhir diubah: 03 Mar 2025 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85313

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir