PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Swadhipa 1 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024)

Briliand , Iqbal Gustiano (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Swadhipa 1 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_BRILIAND IQBAL GUSTIANO_1713021024 - Briliand Iqbal.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_BRILIAND IQBAL GUSTIANO_1713021024 - Briliand Iqbal.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2889Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_BRILIAND IQBAL GUSTIANO_1713021024 - Briliand Iqbal.pdf

Download (2855Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengulik pengaruh pengaplikasian model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang diujicobakan di SMP Swadhipa 1 Natar tahun pelajaran 2023/2024 pada semester genap. Populasi penelitian melibatkan 60 siswa kelas VIII keseluruhan, yang tersebar ke dalam dua kelas, yakni kelas VIII A dan juga VIII B. Desain penelitian eksperimen semu dipilih sebagai metode penelitian dengan randomized pretest- posttest control group sebagai desainnya. Secara acak, terpilihlah Kelas VIII A menjadi kelas eksperimen, sedangkan kelas VIII B dipilih sebagai kelas kontrol. Tes uraian digunakan untuk mengevaluasi kemampuan komunikasi matematis siswa dengan topik teorema pythagoras yang kemudian diberi skor dan dijadikan data penelitian. Data diinterpretasikan dengan kaidah uji-t dengan hasil sig. < 0,05 mengindikasikan keberadaan pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik bahasan teorema pythagoras di kelas VIII SMP Swadhipa 1 Natar. Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, model pembelajaran kooperatif tipe make a match, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:57
Terakhir diubah: 03 Mar 2025 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85337

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir