VERA , ROLYNDA (2024) NILAI SOSIAL DALAM NOVEL PASTA KACANG MERAH KARYA DURIAN SUKEGAWA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK (1) - Vera Rolynda.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Vera Rolynda.pdf Restricted to Hanya staf Download (718Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN (2) - Vera Rolynda.pdf Download (622Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Nilai sosial dapat diajarkan kepada peserta didik melalui novel. Salah satu novel yang mengandung nilai sosial adalah novel Pasta Kacang Merah karya Durian Sukegawa. Masalah dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk nilai sosial yang terkandung dalam novel Pasta Kacang Merah karya Durian Sukegawa dan mengimplikasikan hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA berdasarkan kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan nilai sosial yang terkandung dalam novel Pasta Kacang Merah karya Durian Sukegawa dan memaparkan implikasi hasil penelitian berupa nilai sosial yang terkandung dalam novel Pasta Kacang Merah karya Durian Sukegawa pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA berdasarkan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Pasta Kacang Merah karya Durian Sukegawa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Teknik Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendapat Zubaedi sebagai pisau bedah dalam menganalisis nilai sosial. Hasil dari penelitian ini ditemukan 103 data nilai sosial dalam novel Pasta Kacang Merah karya Durian Sukegawa yang terdiri atas 11 indikator nilai sosial, yaitu indikator pengabdian 6 data, tolong-menolong 9 data, kekeluargaan 11 data, kesetiaan 6 data, kepedulian 25 data, nilai rasa saling memiliki 6 data, disiplin 5 data, empati 17 data, keadilan 6 data, toleransi 5 data, dan kerja sama 7 data. Kemudian hasil penelitian yang berupa nilai sosial tersebut diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA berdasarkan kurikulum Merdeka kelas XI fase F terkait dengan materi membaca teks prosa, terutama dalam materi unsur ekstrinsik novel. Kata kunci: Nilai Sosial, Novel, Kurikulum Merdeka.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:28 |
Terakhir diubah: | 04 Mar 2025 02:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85358 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |