PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX UPT SMP Negeri 1 Pringsewu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024)

HAFID , ALZAIN (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX UPT SMP Negeri 1 Pringsewu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Hafid Alzain.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Hafid Alzain - Hafid Alzain.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2071Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan_Hafid Alzain - Hafid Alzain.pdf

Download (1978Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning menggunakan pendekatan STEM (PBL-STEM) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX UPT SMP Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 dan IX.2 dengan masing-masing kelas terdiri dari 27 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL-STEM lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL saja. Dengan demikian, penerapan model PBL-STEM berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : pemecahan masalah matematis, pendekatan STEM, pengaruh, problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:44
Terakhir diubah: 04 Mar 2025 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85367

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir