KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Kasus di SLB Negeri Tulang Bawang Barat)

ANDRIAN, RIZKI SAPUTRA (2024) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU (Studi Kasus di SLB Negeri Tulang Bawang Barat). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - ANDRIAN RIZKI SAPUTRA.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
THESIS FULL - ANDRIAN RIZKI SAPUTRA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1266Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
THESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - ANDRIAN RIZKI SAPUTRA.pdf

Download (1181Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi professional guru di SLB Negeri Tulang Bawang Barat. Peneliti menggunakan langkah perbaikan PDCA (plan, do, check, act). PDCA tersebut dijadikan Langkah perbaikan dalam pengembangan kompetensi professional guru pada SLB Negeri Tulang Bawang Barat. Penelitian ini didesain menggunakan metode penelitian deskripsif dengan pendekatan kualitatif yang bersifat fenomenologis yaitu menyelidiki suatu fenomena sosial atau masalah manusia. Sample dalam penelitian ini menggunakan Snowball Sampling dengan key informant adalah kepala sekolah. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala sekolah di SLB Negeri Tulang Bawang Barat berdampak pada perkembangan kompetensi professional guru dengan menggunakan Langkah perbaikan PDCA (plan, do, check, act) Kata kunci: kompetensi, manajerial, kepala sekolah ABSTRACT MANAGERIAL COMPETENCE OF PRINCIPALS IN THE DEVELOPMENT OF TEACHERS' PROFESSIONAL COMPETENCIES (Case Study in SLB Negeri Tulang Bawang Barat) BY ANDRIAN RIZKI SAPUTRA This study aims to analyze and describe the managerial competence of school principals in developing teacher professional competencies in SLB Negeri Tulang Bawang Barat. Researchers used PDCA (plan, do, check, act) corrective measures. The PDCA is used as an improvement step in the development of teacher professional competence at SLB Negeri Tulang Bawang Barat. This research was designed using a descriptive research method with a qualitative approach that is phenomenological in nature, namely investigating a social phenomenon or human problem. The sample in this study used Snowball Sampling with the key informant was the principal. This research data collection technique uses interviews, observation, and documentation. The data analysis stage in this study is data collection, data reduction, conclusion drawing and data verification. The results showed that the managerial competence of school principals in SLB Negeri Tulang Bawang Barat had an impact on the development of teachers' professional competencies by using PDCA improvement measures (plan, do, check, act) Keyword: Principal, managerial, competence

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:50
Terakhir diubah: 04 Mar 2025 02:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85369

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir