Muhammad, Hanif (2025) RANCANG BANGUN GAME INTERAKTIF BUDAYA LAMPUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2200Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1486Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Provinsi Lampung memiliki kekayaan budaya berupa bahasa, tarian, kesenian, dan aksara daerah. Namun, pembelajaran budaya Lampung di sekolah sering dianggap monoton dan kurang menarik. Media pembelajaran interaktif, seperti game edukasi, dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Oleh karena itu, dikembangkan Saga Lampung, sebuah game edukasi berbasis Android yang dirancang untuk siswa SD usia 10–13 tahun. Game ini memperkenalkan budaya Lampung melalui fitur letter tracing, puzzle, dan kuis interaktif. Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap budaya Lampung. Pengembangan game menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang meliputi tahap inisiasi, perancangan, produksi, pengujian, dan rilis. Studi literatur dilakukan untuk memahami budaya Lampung sebagai dasar pengembangan konsep game yang mencakup tarian, kesenian, aksara, dan bahasa Lampung. Tahap pra-produksi berfokus pada desain alur dan fitur game berbasis platformer. Hasil penelitian ini berupa game Saga Lampung yang telah diuji menggunakan metode blackbox testing dan User Acceptance Testing (UAT). Pengujian melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman siswa, dengan tingkat keberhasilan dari pre-test sebesar 55% meningkat menjadi 100% pada post-test setelah bermain game. Hasil UAT menunjukkan tingkat kepuasan pengguna sebesar 93,38% dari 22 responden, menandakan game ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Game Saga Lampung tersedia di Google Drive untuk diunduh dan dimainkan secara luas. Diharapkan game ini dapat memberikan kontribusi dalam melestarikan budaya Lampung melalui media pembelajaran yang menarik, modern, dan efektif.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | 2308237293 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 03:52 |
Terakhir diubah: | 04 Mar 2025 03:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85385 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |