PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI

MENIK , LESTARI (2025) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara model problem based learning dan model inkuiri pada materi gerak lurus. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan model problem based learning dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran inkuiri di SMA Plus Muhammadiyah Natar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasiexperiment design dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Variable penelitian dalam peneltian ini adalah kemampuan pemecahan masalah. Analisis data diuji dengan menggunakan uji n-gain, uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil uji n-gain menunjukan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen 1 sebesar 0,62 (sedang) dan kelas eksperimen ekperimen 2 sebesar 0,52 (sedang). Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen 1 dan kelas ekperimen 2. Berdasrkan hasil uji tersebut, dapat diketahui bahwa model problem based learning dan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dan model yang lebih tinggi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan massalah peserta didik dalah model problem based learning. Adapun kendala dalam penelitian yaitu peserta didik banyak mengalami kesulitan melakukan percobaan menggunakan alat, karena kurangnya pembelajaran yang menggunakan media serupa. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Inkuiri, Kemampuan Pemecahan Masalah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308801960 . Digilib
Date Deposited: 06 Mar 2025 04:20
Terakhir diubah: 06 Mar 2025 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85458

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir