PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

DIAN, PERMATA HATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Permata Hati.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Dian Permata Hati - Permata Hati.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3101Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan_Dian Permata Hati - Permata Hati.pdf

Download (2773Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem- Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Trimurjo tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI Fisika A dan B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik tes, berupa 20 butir soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor dengan besar nilai N-gain 0,596 dengan kategori sedang, serta selisih rata-rata N-gain sebesar 0,29, dimana rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih besar dibanding dengan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan lebih baik. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis; Pendekatan STEM; Problem-Based Learning (PBL).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 05 Mar 2025 05:43
Terakhir diubah: 05 Mar 2025 05:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85465

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir