Dwi, Wahyuni (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK TESIS DWI WAHYUNI - 뒤.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS DWI WAHYUNI FULL - 뒤.pdf Restricted to Hanya staf Download (1553Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS DWI WAHYUNI TANPA PEMBAHASAN - 뒤.pdf Download (1303Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan model pembelajaran discovery learning yang memenuhi kriteria valid dan praktis serta mendeskripsikan efektivitas LKPD dengan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Prosedur dalam penelitian pengembangan ini menggunakan tahapan penelitian pengembangan dari Tessmer, yaitu tahap preliminary dan tahap evaluasi formatif yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, uji ahli, uji perorangan, uji kelas kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Kayuagung Tahun Pelajaran 2023/2024. Data dalam penelitian pengembangan ini berupa data yang diperoleh dari angket dan tes pemahaman konsep matematis. Dari hasil validasi ahli materi, media, dan praktisi menyatakan bahwa pengembangan LKPD dengan model pembelajaran discovery learning memenuhi kriteria valid dan praktis pada komponen validasinya. Selain itu juga, hasil analisis dari uji-t dan n-gain menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan model pembelajaran discovery learnng efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan model pembelajaran discovery learning yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis serta efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematis, LKPD, model This development research aims to develop student worksheets with a discovery learning model that meets valid and practical criteria and to describe its effectiveness to students’ ability to understand mathematical concepts. The procedure in this development research uses the development research stages from Tessmer, namely the preliminary stage and the formative evaluation stage which consists of the self evaluation, expert review, one to one, small group and field test stages. The subjects of this development research are students in eighth grade of SMP Negeri Kayuagung in the academic year of 2023/2024. The data in this development research is in the form of data obtained from questionnaires and tests of understanding mathematical consepts. From the validation results, material expert, media and practitioners, it can be stated that the development of student worksheet using the discovery learning model met the valid and practical criteria in validation component. Apart from that, the result from t-test and n-gain show that the development of student worksheet using the discovery learning model is effective in inproving students’ ability to understand mathematical concepts. Thus, it can be concluded that the student worksheet with a developed discovery learning model meets the criteria for validity and practicality and is effective in improving students’ ability to understand mathematical concepts. Keywords: The ability to understand mathematical concepts, student worksheet, discovery learning model.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 05:57 |
Terakhir diubah: | 05 Mar 2025 05:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85469 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |