IRFAN, SAPUTRA (2024) RANCANG BANGUN GAME PENGENALAN EKSPRESI TINGKAH LAKU MANUSIA BERBASIS VIRTUAL REALITY. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Skripsi_IrfanSaputra_2017051035_ScanTTD_Abstrak - Irfan Saputra.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi_IrfanSaputra_2017051035_ScanTTD_Full Tanpa Lampiran - Irfan Saputra.pdf Restricted to Hanya staf Download (2000Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi_IrfanSaputra_2017051035_ScanTTD_Full Tanpa Pembahasan dan Lampiran - Irfan Saputra.pdf Download (1174Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pandemi Covid-19 menimbulkan sebuah kebijakan untuk stay at home dan work from home. Hal ini membuat anak belajar secara daring dan membuat anak kurang bersosialisasi. Dengan bersosialisasi anak dapat membangun interaksi positif dengan orang lain. Oleh karena itu, pentingnya memiliki kecerdasan emosional yang baik akan membuat anak mampu mengekspresikan emosi serta mempunyai kontrol diri yang kuat. Penelitian ini menggunakan teknologi virtual reality sebagai media pengenalan ekspresi tingkah laku dengan bermain game. Pengembangan game ini menggunakan metode GDLC. Aplikasi ini akan menampilkan berbagai tingkah laku manusia untuk pemain agar menebak ekspresi tingkah laku apa yang ditunjukkan dengan benar. Pengguna akan merasakan pengalaman mengenali ekspresi tingkah laku seperti dikehidupan nyata di dalam dunia virtual reality. Game ini diharapkan lebih efektif dalam mengenalkan ekspresi tingkah laku manusia pada anak. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan metode Black-box Testing, sistem ini diterima sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berdasarkan hasil beta testing menggunakan pre-test dan post-test game ini berhasil mengenalkan ekspresi tingkah laku manusia pada anak. Pengujian dengan menggunakan UAT didapatkan skor 92.15% untuk penggunaan sistem oleh pemain. Kata kunci: Virtual Reality, Game, Tingkah laku, GDLC, Unity. The Covid-19 pandemic has created a policy to stay at home and work from home. This makes children learn online and makes children less social. By socializing, children can build positive interactions with other people. Therefore, the importance of having good emotional intelligence will make children able to express emotions and have strong self-control.This research uses virtual reality technology as a medium for recognizing behavioral expressions by playing games. This game development uses the GDLC method. This application will display various human behaviors for players to correctly guess what behavioral expressions are shown. Users will experience recognizing behavioral expressions like in real life in the virtual reality world. This game is expected to be more effective in introducing children to the expression of human behavior. Based on the test results that have been carried out using the Black-box Testing method, this system is accepted according to user needs. Based on the results of beta testing using pre-test and post-test, this game succeeded in introducing human behavioral expressions to children. Testing using UAT obtained a score of 92.15% for player use of the system.Keywords: Virtual Reality, Game, Facial Expressions, GDLC, Unity.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:00 |
Terakhir diubah: | 05 Mar 2025 06:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85471 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |