PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024)

Zulfa , Zakiyah (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Zulfa Zakiyah.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Zulfa Zakiyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1475Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Zulfa Zakiyah.pdf

Download (1519Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretestposttest control group design. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih tinggi daripada ratarata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pendekatan realistic mathematics education, pengaruh.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:04
Terakhir diubah: 05 Mar 2025 06:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85472

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir