AULLYA HANAN, WULANDARI (2024) RANCANG BANGUN GAME VIRTUAL REALITY PENGENALAN EKSPRESI WAJAH MANUSIA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Rocket Digital.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf Restricted to Hanya staf Download (2484Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf Download (1316Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Dalam beberapa kasus pendidikan anak, bullying masih menjadi peristiwa yang sering dibicarakan. Hal ini terjadi karena dalam pelaksanaan pendidikan hanya fokus pada kecerdasan intelektual sehingga kecerdasan emosional anak tidak berkembang dengan baik. Oleh karena itu, pentingnya memiliki kecerdasan emosional yang baik akan membuat anak mampu mengekspresikan emosi serta mempunyai kontrol diri yang kuat. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan teknologi virtual reality sebagai media pelatihan ekspresi wajah sambil bermain game. Pengembangan game ini menggunakan metode GDLC yang terdiri dari tahapan initation, pre-production, production, testing, beta, dan release. Aplikasi ini akan menampilkan misi bagi pemain untuk menebak ekspresi apa yang ditunjukkan dengan mengumpulkan beberapa objek 3D ekspresi wajah yang datang secara acak dengan benar. Dengan begitu, pengguna akan merasakan pengalaman menebak ekspresi seperti dikehidupan nyata di dalam dunia virtual reality. Game ini diharapkan lebih efektif dalam mengenalkan ekspresi wajah manusia pada anak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, rancang bangun game virtual reality pengenalan ekspresi wajah manusia untuk anak telah berhasil dikembangkan. Pengujian pre-test dan post-test memperlihatkan peningkatan nilai pada anak sesudah bermain game. Hasil uji kelayakan sistem menunjukkan bahwa game ini berada pada level sangat baik dan layak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa game virtual reality berjudul Emo Saber ini berhasil mencapai tujuan pengembangan dan layak digunakan untuk membantu anak mengenali ekspresi wajah manusia. Kata kunci: Virtual Reality, Game, Ekspresi Wajah, GDLC, Unity. In several cases of children's education, bullying is still an event that is often discussed. This happens because the implementation of education only focuses on intellectual intelligence so that children's emotional intelligence does not develop well. Therefore, the importance of having good emotional intelligence will make children able to express emotions and have strong self-control. This research aims to utilize virtual reality technology as a medium for training facial expressions while playing games. This game development uses the GDLC method which consists of initiation, pre-production, production, testing, beta and release stages. This application will display a mission for players to guess what expression is shown by collecting several 3D facial expression objects that come randomly correctly. That way, users will experience guessing expressions like in real life in the virtual reality world. This game is expected to be more effective in introducing human facial expressions to children. Based on the research that has been carried out, the design of a virtual reality game for recognizing human facial expressions for children has been successfully developed. Pre-test and post-test tests show an increase in children's scores after playing the game. The system feasibility test results show that this game is at a very good and feasible level. Therefore, it can be concluded that this virtual reality game entitled Emo Saber has succeeded in achieving its development goals and is suitable for use to help children recognize human facial expressions. Keywords: Virtual Reality, Game, Facial Expressions, GDLC, Unity.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 06:07 |
Terakhir diubah: | 05 Mar 2025 06:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85475 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |