PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024)

Mayang , Puspita (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Skripso Mayang Puspita - Ethan Lee.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img] File PDF
Upload Digilib Skripsi Mayang Puspita - Ethan Lee.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1439Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Upload Digilib Skripsi Mayang Puspita Tanpa Pembahasan - Ethan Lee.pdf

Download (1411Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terintegrasi STEM terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Natar semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang terdistribusi dalam sebelas kelas yaitu IX A sampai IX K secara heterogen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih siswa kelas IX A sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan IX B sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji-t’ diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol. Namun, keefektifan pembelajaran dengan guided inquiry terintegrasi STEM ternyata belum cukup efektif dilihat dari hasil uji proporsi yang telah dilakukan. Meskipun demikian, terdapat perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dapat dilihat pada pencapaian setiap indikator kemampuan komunikasi matematis siswa pada kedua kelas tersebut. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry terintegrasi STEM memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: guided inquiry, STEM, kemampuan komunikasi matematis, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:33
Terakhir diubah: 05 Mar 2025 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85486

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir