NURCHOLIS, - (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - NURCHOLIS.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - NURCHOLIS.pdf Restricted to Hanya staf Download (1665Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - NURCHOLIS.pdf Download (1735Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri Se- Gugus Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Populasi dan sampel berjumlah 95 peserta didik. Teknik pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh. Analisis data menggunakan uji parsial dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik yaitu dengan fhitung sebesar 11,49 dan koefisien determinasi (r2 ) 49%. Kata kunci: hasil belajar tematik , kecerdasan emosional, lingkungan belajar. ABSTRACT THE EFFECT OF EMOTIONAL INTELLIGENCE AND LEARNING ENVIRONMENT ON THEMATIC LEARNING LEARNING OUTCOMES OF STUDENTS FOURTH CLASS PRIMARY SCHOOLS STUDENTS STATE OF THE DOCTOR WAHIDIN SUDIRO HUSODO WEST METRO DISTRICT By NURCHOLIS The problem in this research is the low thematic learning outcomes of class IV students at Se-Gugus Wahidin Sudiro Husodo State Elementary School, West Metro District. The aim of this research is to describe and analyze the significant influence between emotional intelligence and the learning environment on students' thematic learning outcomes. This type of research is quantitative with an ex-post facto correlation method. The population and sample amounted to 95 students. Data collection techniques use observation, interviews, documentation studies, and questionnaires. The sampling technique uses a non-probability sampling technique, namely saturated sampling. Data analysis uses partial tests and multiple regression. Based on the research results, it shows that there is a significant influence between learning activities and emotional intelligence on student learning outcomes, namely with a f count of 11.49 and a coefficient of determination (r2) of 49%. Keywords: thematic learning outcomes, emotional intelligence, learning environment.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:26 |
Terakhir diubah: | 05 Mar 2025 07:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85495 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |