M. RIZKA, ALFAKHRI (2025) PENGARUH U-TURN TERHADAP KINERJA JALAN (Studi Kasus U-Turn Di Jalan Teuku Cik Ditiro, Kemiling, Bandar Lampung). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - M. RIZKA ALFAKHRI.pdf Download (342Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - M. RIZKA ALFAKHRI.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - M. RIZKA ALFAKHRI.pdf Download (3993Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
U-Turn merupakan suatu fasilitas lalu lintas dua arah berupa bukaan median yang dirancang agar kendaraan dapat berputar balik arah. U-Turn diharapkan bisa mengatasi masalah pergerakan lalu lintas. Tetapi kenyataannya, fasilitas putar balik arah seringkali menimbulkan masalah seperti terjadinya tundaan akibat adanya kendaraan yang melakukan gerakan U-Turn yang menyebabkan penurunan kecepatan yang berujung terjadinya kemacetan di area sekitar U-Turn. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja ruas jalan dengan ¬U-Turn dan tanpa U-Turn menggunakan metode PKJI 2023 serta menganalisis tundaan dengan metode gap acceptance. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survei selama 1 hari kerja di jam-jam sibuk pagi dan sore hari. Data-data yang disurvei yaitu volume lalu lintas, hambatan samping, waktu tempuh, dan waktu gap. Hasil survei kemudian diolah menggunakan Microsoft Excel sehingga didapatkan output berupa volume jam puncak, kapasitas jalan, derajat kejenuhan, kecepatan tempuh, waktu tempuh dan tundaan akibat waktu gap. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa derajat kejenuhan pada jalan dengan U-Turn lebih besar dari jalan tanpa U-Turn yaitu 0,70 berbanding 0,62. Kecepatan pada jalan dengan U-Turn lebih kecil dari jalan tanpa U-Turn yaitu 18,76 km/jam berbanding 50,55 km/jam. Waktu tempuh jalan dengan U-Turn lebih besar dari jalan tanpa U-Turn yaitu 38,38 detik berbanding 14,24 detik. Tundaan terbesar yang terjadi adalah tundaan akibat waktu gap diterima sore hari pada masing-masing arah yaitu 5,13 detik dan 4,84 detik. Kata kunci: Derajat Kejenuhan, Gap Acceptance, Kecepatan, PKJI 2023, Tundaan, U-Turn, Waktu Tempuh. U-Turn is a two-way traffic facility in the form of a median opening designed for vehicles to make a U-turn. U-Turns are expected to solve traffic movement problems. But in reality, U-Turn facilities often cause problems such as delays due to vehicles making U-Turn movements which cause a decrease in speed which leads to congestion in the area around the U-Turn. This study was conducted to analyze the performance of road sections with and without U-Turns using the PKJI 2023 method and analyze delays with the gap acceptance method. This research was conducted by conducting a survey for 1 working day in the morning and evening peak hours. The data surveyed were traffic volume, side obstacles, travel time, and gap time. The survey results were then processed using Microsoft Excel to obtain output in the form of peak hour volume, road capacity, degree of saturation, travel speed, travel time and delay due to gap time. The results of the study can be concluded that the degree of saturation on the road with a U-Turn is bigger than the road without a U-Turn, namely 0.70 versus 0.62. The speed on the road with a U-Turn is smaller than the road without a U-Turn, which is 18.76 km/h versus 50.55 km/h. The travel time of the road with U-Turn is greater than the road without U-Turn, namely 38.38 seconds versus 14.24 seconds. The largest delays that occur are delays due to time gaps received in the afternoon in each direction, namely 5.13 seconds and 4.84 seconds. Keywords: Degree of Saturation, Delay, Gap Acceptance, PKJI 2023, Speed, Travel Time, U-Turn.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | 2308184505 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:33 |
Terakhir diubah: | 06 Mar 2025 04:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85506 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |