ANTHONY , MARCELLINO (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA FILOSOFI PETE DENGAN DIRECT RATING METHOD (DRM) (STUDI PADA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Anthony Marcellino.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL - Anthony Marcellino.pdf Restricted to Hanya staf Download (8Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Anthony Marcellino.pdf Download (8Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas iklan Tokopedia Filosofi Pete yang mengajak masyarakat untuk menggunakan produk-produk lokal. Metode yang digunakan adalah Direct Rating Method (DRM) dan berfokus pada lima dimensi pengukuran yaitu perhatian, pemahaman, respons kognitif, respons afektif, dan sikap terhadap iklan. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan teknik simple random sampling kepada 100 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung yang pernah menonton iklan Tokopedia Filosofi Pete di Youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Tokopedia Filosofi Pete termasuk iklan dengan kategori baik dengan nilai DRM yang diperoleh sebesar 75,12. Hal ini berarti iklan tersebut efektif dalam mempengaruhi sikap penonton untuk mendukung dan menggunakan produk lokal Kata Kunci : Efektivitas Iklan, Tokopedia, Filosofi Pete, Direct Rating Method iii ABSTRACT ANALYSIS OF THE EFFECTIVENESS OF TOKOPEDIA'S 'PETE PHILOSOPHY' ADVERTISEMENT USING THE DIRECT RATING METHOD (DRM): A STUDY AMONG SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE STUDENTS AT THE UNIVERSITY OF LAMPUNG By ANTHONY MARCELLINO This research aims to analyze the effectiveness of Tokopedia Filosofi Pete's advertising which invites people to use local products. The method used is the Direct Rating Method (DRM) and focuses on five measurement dimensions, namely attention, understanding, cognitive response, affective response and attitude towards advertising. Data was obtained by distributing questionnaires using a simple random sampling technique to 100 students from the Faculty of Social and Political Sciences, University of Lampung who had watched the Tokopedia Filosofi Pete advertisement on YouTube. The research results show that the Tokopedia Filosofi Pete advertisement is in the good category with a DRM value of 75.12. This means that the advertisement is effective in influencing the audience's attitude to support and use local products. Keywords : Effectiveness of Advertising, Tokopedia, Pete's Philosophy, Direct Rating Method
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:08 |
Terakhir diubah: | 06 Mar 2025 03:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85518 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |