PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDIO TIKTOK PADA MATERI RENGASDENGKLOK TERHADAP HISTORICAL EMPATHI PESERTA DIDIK DI SMK YP SERDANG TANJUNG BINTANG TAHUN AJARAN 2023/2024

DEWY , AYUNINGSIH (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDIO TIKTOK PADA MATERI RENGASDENGKLOK TERHADAP HISTORICAL EMPATHI PESERTA DIDIK DI SMK YP SERDANG TANJUNG BINTANG TAHUN AJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1.ABSTRAK-DEWY AYUNINGSIH - Dewy Ayuningsih.pdf

Download (357Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL-DEWY AYUNINGSIH - Dewy Ayuningsih.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN-DEWY AYUNINGSIH - Dewy Ayuningsih.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan bagi peserta didik bukan sekadar proses transfer pengetahuan, tetapi sebuah perjalanan transformasi yang membentuk kepribadian dan membuka peluang masa depan. Oleh karena itu, pendidikan yang holistik tidak hanya fokus pada aspek akademis, melainkan juga memperhatikan aspek moral, sosial, dan keterampilan hidup yang mempersiapkan peserta didik untuk berkontribusi secara positif dalam masyarakat. Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren belajar digital, perhatian terhadap cara peserta didik berinteraksi dengan media pembelajaran menjadi semakin penting. TikTok, sebagai platform berbagi video singkat yang kreatif dan populer, menawarkan potensi untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan berkesan. Selain itu, keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sejarah tidak hanya mencakup aspek kognitif, tetapi juga aspek emosional. Historical empathy, sebagai kemampuan untuk merasakan dan memahami pengalaman masa lalu orang lain, menjadi fokus utama penelitian ini. Tujuan dari pada penelitian ini ialah untuk mengeksplorasi pengaruh TikTok sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan historical empathy pada materi sejarah Rengasdengklok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya menggunakan eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, kuisioner dan dokumentas. Penelitian ini menggunakan analysis data statistic yaitu deskriptif dan inferensial Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang dilaksanakan, ditemukan bahwa peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video TikTok mengalami peningkatan yang signifikan Temuan ini memberikan indikasi positif terhadap efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video TikTok dalam meningkatkan pemahaman historis dan tingkat empati peserta didik di SMK YP Serdang Tanjung Bintang. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Historical Emphati,Vidio Tiktok Education for students is not just a process of transferring knowledge, but a journey of transformation that shapes personality and opens up future opportunities. Therefore, holistic education does not only focus on academic aspects, but also pays attention to moral, social and life skills aspects that prepare students to contribute positively to society. Along with developments in technology and digital learning trends, attention to how students interact with learning media is becoming increasingly important. TikTok, as a creative and popular short video sharing platform, offers the potential to create engaging and memorable learning experiences. In addition, student involvement in history learning does not only include cognitive aspects, but also emotional aspects. Historical empathy, as the ability to feel and understand other people's past experiences, is the main focus of this research. The aim of this research is to explore the influence of TikTok as a learning medium in increasing historical empathy for Rengasdengklok historical material. This study uses a quantitative approach. This type of research uses experiments. Data collection techniques using observation techniques, questionnaires and documentation. This research uses statistical data analysis, namely descriptive and inferential. Based on the data analysis of the results of the research carried out, it was found that students who took part in learning using TikTok video- based learning media experienced a significant increase. This finding provides a positive indication of the effectiveness of using TikTok video-based learning media in increasing the historical understanding and level of empathy of students at SMK YP Serdang Tanjung Bintang. Keywords: Learning Media, Historical Emphaty,Vidio Tiktok

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:17
Terakhir diubah: 06 Mar 2025 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85522

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir