DHANI , RIZKI (2024) PERANCANGAN WEBSITE INTERAKTIF SEBAGAI PLATFORM PENDIDIKAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN SUSTAINABILITY LITERACY SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_Dhani Rizki - Dhani Rizki.pdf Download (267Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi_Dhani Rizki_Full - Dhani Rizki.pdf Restricted to Hanya staf Download (3641Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi_Dhani Rizki_Tanpa Pembahasan - Dhani Rizki.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menghasilkan sebuah produk website interaktif dengan nama SustainEarth yang dikembangkan dengan berbantuan WordPress. Tujuan dari pembuatan website ini adalah dapat menjadi media pembelajaran yang mampu meningkatkan sustainability literacy siswa SMP pada materi perubahan iklim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan Rapid Application Development (RAD), terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu perencanaan kebutuhan, desain sistem, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanaan di SMP N 2 Kotagajah dengan target sasaran siswa kelas VII. Instrumen penelitian menggunakan angket validasi dan angket respon siswa. Analisis validator ahli menggunakan analisis skor, sedangkan respon siswa menggunakan analisis persentase. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa website SustainEarth dinyatakan sangat layak digunakan sebagai platform pendidikan berkelanjutan dengan kriteria sangat valid dan sangat praktis. Website SustainEarth dinyatakan sangat valid dengan memperoleh skor rata-rata dari tiga validator ahli sebesar 3,57. Hasil uji pra pemakaian mendapatkan rata-rata persentase sebesar 91% dari lima belas siswa. Sehingga dapat dikatakan website SustainEarth mampu meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, dan memudahkan proses belajar siswa. Kata Kunci: website interaktif, platform pendidikan, Rapid Application Development (RAD), Sustainability Literacy This research resulted in an interactive website product named SustainEarth, developed with the assistance of WordPress. The aim of creating this website is to serve as a learning media capable of enhancing sustainability literacy among junior high school students, particularly on the topic of climate change. The research utilized the Research and Development (R&D) method and the Rapid Application Development (RAD) model, comprising three stages: needs planning, system design, and development. The study was conducted at SMP N 2 Kotagajah targeting seventh-grade students. Research instruments included validation questionnaires and student response questionnaires. Expert validator analysis employed score analysis, while student response was analyzed using percentage analysis. The research results indicated that the SustainEarth website was deemed highly suitable for use as a sustainable education platform, with very valid and practical criteria. SustainEarth website was deemed highly valid, with an average score of 3.57 from three expert validators. Pre-usage testing resulted in an average percentage of 91% from fifteen students. Therefore, it can be concluded that the SustainEarth website is capable of increasing student learning interest, improving students' comprehension levels of the material being taught, and facilitating the learning process for students. Keywords: interactive website, educational platform, Rapid Application Development (RAD), Sustainability Literacy
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:28 |
Terakhir diubah: | 06 Mar 2025 03:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85527 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |