HUBUNGAN CURIOSITY DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM TERPADU AL MUHSIN METRO

Nanda , Novitasari (2024) HUBUNGAN CURIOSITY DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM TERPADU AL MUHSIN METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Skripsi_Nanda Novitasari - C 25_Nanda Novitasari (1).pdf

Download (110Kb) | Preview
[img] File PDF
File Full Bab Skripsi_Nanda Novitasari - C 25_Nanda Novitasari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2290Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
File Tanpa Pembahasan Skripsi_Nanda Novitasari - C 25_Nanda Novitasari.pdf

Download (2199Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kreatif matematis peserta didik serta kurangnya curiosity peserta didik kelas V SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara curiosity dengan keterampilan berpikir kreatif matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Sampel penelitian berjumlah 96 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa angket curiosity dan juga tes keterampilan berpikir kreatif matematis tentang materi sudut, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara curiosity dengan keterampilan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas V SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,573 dengan kategori hubungan “cukup kuat”. kata kunci: berpikir kreatif matematis, curiosity, keterampilan berpikir The problem in this study was as a low level of students' mathematical creative thinking skills and lack of curiosity among fifth grade students of SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro. This study aims to determine the relationship between curiosity and mathematical creative thinking skills. The type of research used is quantitative with ex-post facto correlation method. The research sample was 96 students. The data collection instruments were a curiosity questionnaire and also a test of mathematical creative thinking skills on angle material, which were previously tested for validity and reliability. The data were analyzed using Pearson Product Moment Correlation Test. Based on the results of research and discussion, it is found that there is a significant relationship between curiosity and mathematical creative thinking skills of fifth grade students of SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro. The results of hypothesis testing show a correlation coefficient value of 0,573 with a category of "strong enough" relationship. keywords: curiosity, mathematical creative thinking, thinking skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:53
Terakhir diubah: 06 Mar 2025 03:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85542

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir