SHOFI, SHIFA SHAFIRA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMAN 1 TULANG BAWANG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - SHOFI SHIFA SHAFIRA.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL -SHOFI SHIFA SHAFIRA.pdf Restricted to Hanya staf Download (2127Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - SHOFI SHIFA SHAFIRA.pdf Download (1734Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari Penerapan Model Pembelajaran Project Citizen dalam Mengembangkan Sikap Sosial Peserta Didik di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan jenis pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII- IPS di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 responden yang terdiri dari 35 responden kelas eksperimen dan 30 responden kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara sebagai pendukungnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project citizen mampu mengembangkan sikap sosial peserta didik yang dibuktikan dengan antusias dan ketertarikan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran sehingga sikap sosialnya dapat berkembang dengan baik, seperti peserta didik mampu mengembangkan sikap disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, sopan dan santun, serta percaya diri selama pembelajaran. Berdasarkan perolehan nilai indikator sikap sosial yang paling dominan yaitu gotong royong yang dilihat dari hasil perhitungan angket self assessment memperoleh nilai sebesar 94,28% dan peer assessment sebesar 88,57% serta hasil observasi sebesar 99,04% dengan kategori sangat baik. Pernyataan tersebut dapat terlihat dari keaktifan peserta didik dalam kelompok selama pembelajaran, peserta didik saling berkoordinasi dalam menyelesaikan tugas kelompok serta mampu memberikan solusi dan menyepakati hasil diskusi kelompok. Aktifnya peserta didik di kelas eksperimen tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran project citizen telah berhasil mengembangkan sikap sosial peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Citizen, Sikap Sosial, Eksperimen, Kontrol The purpose of this research is to find out the effect of the Application of Project Citizen Learning Model in Developing Students' Social Attitudes at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The research method used in this research is quasy experiment with quantitative approach. The research subjects in this study were XII-IPS class students at SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. The sample in this study amounted to 65 respondents consisting of 35 experimental class respondents and 30 control class respondents. Data collection techniques using observation, questionnaires, and interviews as support. The results showed that the project citizen learning model was able to develop students' social attitudes as evidenced by the enthusiasm and interest of students in participating in learning so that their social attitudes could develop well, such as students being able to develop attitudes of discipline, responsibility, tolerance, mutual cooperation, politeness and courtesy, and self- confidence during learning. Based on the acquisition of the most dominant social attitude indicator value, namely mutual cooperation, which is seen from the results of the calculation of the self-assessment questionnaire obtaining a value of 94.28% and peer assessment of 88.57% and the results of observations of 99.04% with a very good category. This statement can be seen from the activeness of students in the group during learning, students coordinate with each other in completing group assignments and are able to provide solutions and agree on the results of group discussions. The active students in the experimental class showed that the project citizen learning model had succeeded in developing students' social attitudes. Keywords: Learning Model, Project Citizen, Social Attitude, Experiment, Control
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:04 |
Terakhir diubah: | 06 Mar 2025 04:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85549 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |