PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V SD

Nur , Kholifah (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DIGITAL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Nur Kholifah.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Nur Kholifah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2757Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Nur Kholifah.pdf

Download (1734Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu rendahnya kemamuan berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar, oleh karena itu peneliti berupaya untuk menggunakan LKPD digital berbasis discovery learning sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kemudahan, kemenarikan, kebermanfaat, dan efektivitas LKPD digital berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sumber Rejo. Sampel dalam penelitian ini 20 peserta didik dengan teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil analisis data kevalidan menunjukkan hasil uji validitas ahli materi sebesar 87 berkategori sangat valid, uji validitas ahli media sebesar 84 dengan kategori sangat valid dan uji validitas ahli bahasa sebesar 72 dengan kategori valid oleh karena itu LKPD digital berbasis discovery learning valid untuk digunakan. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,57. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD digital berbasis discovery learning yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Discovery Learning , LKPD Digital This research was conducted based on the problem found by researchers, namely the low creative thinking abilities of students in elementary schools, therefore the researchers attempted to use digital LKPD based on discovery learning as an alternative to improve students' creative thinking abilities. This research aims to determine the validity, convenience, attractiveness, usefulness and effectiveness of digital LKPD based on discovery learning to improve students' creative thinking abilities in elementary schools. This research is a type of research and development (R&D) research, development is carried out referring to Borg & Gall's theory. The population of this study was class V students at SD Negeri 1 Sumber Rejo. The sample in this study was 20 students with the sampling technique used, namely purposive sampling. Data collection tools use valid and reliable test instruments. The results of the validity data analysis show that the material expert validity test results are 87 in the very valid category, the media expert validity test is 84 in the very valid category and the language expert validity test is 72 in the valid category, therefore the digital LKPD based on discovery learning is valid to use. The data analysis technique uses N-Gain with a calculation result of 0.57. Based on this research, it can be concluded that the digital LKPD based on discovery learning that was developed is valid and effective for improving the creative thinking abilities of elementary school students. Keywords: Creative Thinking, Discovery Learning, Digital LKPD

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 06 Mar 2025 06:51
Terakhir diubah: 06 Mar 2025 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85586

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir