Estri , Rukmana Jayanti (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LEARNING CYCLE 7E PADA MUATAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - Estri Rukmana Jayanti.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS FULL - Estri Rukmana Jayanti.pdf Restricted to Hanya staf Download (2306Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN -Estri Rukmana Jayanti.pdf Download (2243Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
LKPD berbasis learning cycle 7E merupakan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kemudahan, kemenarikan, kebermanfaat, dan efektivitas LKPD berbasis learning cycle 7E untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Bedilan. Subjek dalam penelitian ini 20 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil analisis data kevalidan menunjukkan LKPD berbasis learning cycle 7E sangat valid untuk digunakan. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,57. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis learning cycle 7E yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Cycle 7e, LKPD LKPD based on the 7E learning cycle is an alternative for improving students' critical thinking skills. This research aims to determine the validity, convenience, attractiveness, usefulness and ef ectiveness of 7E learning cycle-based LKPD to improve students' critical thinking skills in elementary schools. This research is a type of research and development (R&D) research, development is carried out referring to Borg & Gall's theory. The population of this study were students in class IV of Bedilan State Elementary School. The subjects in this research were 20 students. Data collection tools use valid and reliable test instruments. The results of the validity data analysis show that the 7E learning cycle based LKPD is very valid to use. The data analysis technique used N-Gain 0,42. The results showed that the 7E learning cycle based LKPD developed is valid and ef ective for improving the critical thinking skills of elementary school students.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:56 |
Terakhir diubah: | 06 Mar 2025 06:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85587 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |