HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS PENDIDIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SD NEGERI 6 METRO BARAT

DELLA , DELISTA (2024) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS PENDIDIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SD NEGERI 6 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - DELLA DELISTA.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - DELLA DELISTA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2904Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - DELLA DELISTA.pdf

Download (2616Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas tinggi SD Negeri 6 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kreativitas pendidik dengan kemampuan berpikir kritis. (2) hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir kritis. (3) hubungan antara kreativitas pendidik dengan motivasi belajar. (4) hubungan antara kreativitas pendidik dan motivasi belajar bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 205 orang peserta didik dengan sampel penelitian menggunakan propornionate stratified random sampling diperoleh 71 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket (kuisioner) dan instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas pendidik dengan kemampuan berpikir kritis dengan koefisien korelasi 0,410 berada pada kriteria “cukup kuat”. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemampuan berpikir kritis dengan koefisien korelasi 0,655 berada pada kriteria “kuat”. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas pendidik dengan motivasi belajar dengan koefisien korelasi 0,475 berada pada kriteria “cukup kuat”. (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas pendidik dan motivasi belajar bersama-sama dengan kemampuan berpikir kritis, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 27,5 ˃ Ftabel = 3,13 serta koefisien korelasi 0,664 berada pada kriteria “kuat”. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, kreativitas pendidik, motivasi belajar ABSTRACT THE RELATIONSHIP BETWEEN EDUCATORS' CREATIVITY AND LEARNING MOTIVATION ON CRITICAL THINKING ABILITY STUDENTS OF HIGH CLASS AT SD NEGERI 6 METRO BARAT By DELLA DELISTA The problem in this research was the critical thinking skills of high class students at SD Negeri 6 Metro Barat have not been maximized. This research aims to determine (1) the relationship between educator creativity and critical thinking skills. (2) the relationship between learning motivation and critical thinking skills. (3) the relationship between educator creativity and learning motivation. (4) the relationship between educator creativity and learning motivation together with critical thinking skills. This type of research is quantitative with an ex post facto correlation method. The population was 205 students with a research sample using proportional stratified random sampling, obtaining 71 students. Data collection techniques use interviews, observation, documentation, questionnaires and test instruments. The results of this research show that (1) there is a positive and significant relationship between educator creativity and critical thinking skills with a correlation coefficient of 0.410 which is in the "quite strong" criteria. (2) there is a positive and significant relationship between learning motivation and critical thinking skills with a correlation coefficient of 0.655 which is in the "strong" criteria. (3) there is a positive and significant relationship between educator creativity and learning motivation with a correlation coefficient of 0.475 which is in the "quite strong" criteria. (4) there is a positive and significant relationship between educator creativity and learning motivation together with critical thinking skills, this is indicated by the value of Fcount = 27.5 ˃table = 3.13 and a correlation coefficient of 0.664 which is in the "strong" criteria. Key words: critical thinking skills, educator creativity, learning motivation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 06 Mar 2025 07:50
Terakhir diubah: 06 Mar 2025 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85607

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir