Beltra, Saura Rahmadan (2024) ANALISIS KUALITAS WEBSITE VIRTUAL CLASS UNIVERSITAS LAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Lampung). TEKNIK , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK - Beltra Saura Rahmadan_TI_029.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - Beltra Saura Rahmadan_TI_029.pdf Restricted to Hanya staf Download (1098Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN DAN PEMBAHASAN - Beltra Saura Rahmadan_TI_029.pdf Download (878Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Virtual Class Universitas Lampung (VClass Unila) adalah Learning Management System yang dikembangkan Universitas Lampung untuk dapat belajar secara daring melalui internet. Namun, selama pengimplentasian website VClass Unila belum pernah dilakukan pengujian dan evaluasi untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website VClass Unila. Hal tersebut dapat berpotensi menyebabkan sejumlah dampak negatif, seperti tidak terdeteksinya masalah yang mungkin dialami mahasiswa saat menggunakan website. Oleh sebab itu, untuk menanggulangi masalah tersebut perlu dilakukan analisis terhadap kualitas website VClass Unila berdasarkan presepsi mahasiswa dengan menggunakan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website VClass Unila terhadap tingkat kepuasan mahasiswa serta memberikan rekomendasi perbaikan atau peningkatan kualitas website VClass Unila berdasarkan indikator-indikator Webqual 4.0. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui survey dengan menyebarkan kuesioner kepada responden secara tidak langsung. Berdasarkan hasil pengukuran dari 100 responden penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan, rata-rata nilai kinerja (performance) dari seluruh dimensi Webqual 4.0 sebesar 3,84 dan tingkat kepentingan (importance) sebesar 4,46 sehingga menghasilkan gap bernilai negatif sebesar -0,61. Dapat disimpulkan bahwa kinerja website VClass Unila belum mampu memenuhi harapan pengguna. Selanjutnya atribut tersebut akan dipetakan ke dalam kuadran Importance and Performance Analysis (IPA) yang menghasilkan 10 rekomendasi perbaikan. Dalam kuadran I (prioritas utama) terdapat 3 rekomendasi perbaikan yang diberikan untuk atribut pertanyaan U7, IQ3, dan IQ6. Kuadran III (prioritas rendah) terdapat 7 rekomendasi perbaikan pada atribut pertanyaan U5, U6, SIQ4, SIQ5, SIQ6, danSIQ7 Kata kunci: Kualitas Website, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis, Kepuasan Pengguna Virtual Class University of Lampung (VClass Unila) is a learning management system developed by Lampung University for online learning via the Internet. However, during the implementation of the VClass Unila website, there has never been a test and evaluation to measure the level of student satisfaction with the VClass Unila website. This can potentially cause a number of negative effects, such as not detecting problems that students may experience when using the website. Therefore, to overcome this problem, it is necessary to analyse the quality of the VClass Unila website based on students' perceptions using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis. This study aims to measure the quality of the VClass Unila website based on the level of student satisfaction and to provide recommendations to improve or enhance the quality of the VClass Unila website based on Webqual 4.0 indicators. The method used in this research is descriptive quantitative, with data collected through surveys by distributing questionnaires to respondents indirectly. Based on the measurement results of 100 research respondents, it shows that overall, the average performance value of all dimensions of Webqual 4.0 is 3.84 and the importance level is 4.46, resulting in a negative gap of -0.61. It can be concluded that the performance of the Unila VClass website has not been able to meet user expectations. Furthermore, these attributes are placed in the Importance and Performance Analysis (IPA) quadrants, resulting in 10 recommendations for improvement. In quadrant I (high priority) there are 3 improvement recommendations for question attributes U7, IQ3 and IQ6. In quadrant III (low priority) there are 7 improvement recommendations for question attributes U5, U6, SIQ4, SIQ5, SIQ6 and SIQ7. Keywords: Website Quality, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis, User Satisfaction
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:07 |
Terakhir diubah: | 07 Mar 2025 02:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85627 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |