PENERAPAN PRINSIP SCIENTIFIC METHOD PADA PERANCANGAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SERANG

Nasywa, Shiyami Fauzia Zulva (2024) PENERAPAN PRINSIP SCIENTIFIC METHOD PADA PERANCANGAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SERANG. TEKNIK , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_Nasywa Shiyami Fauzia Zulva_1915012007_S1 Arsitektur - Nasywa Shiyami Fauzia Zulva.pdf

Download (311Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_Nasywa Shiyami Fauzia Zulva_1915012007_S1 Arsitektur - Nasywa Shiyami Fauzia Zulva.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN_Nasywa Shiyami Fauzia Zulva_1915012007_S1 Arsitektur - Nasywa Shiyami Fauzia Zulva.pdf

Download (2663Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Reformasi pedagogik pendidikan saat ini lebih fokus pada pengembangan kemampuan interpersonal, kreativitas, dan berpikir kritis dengan penghadiran sistem pendidikan yang aktif dan lebih berorientasi pada siswa guna menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai dengan profil pelajar pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Merespon hal tersebut, perlu adanya pendekatan yang sesuai untuk menghadirkan bangunan Sekolah Dasar yang fleksibel, eksploratif, dan dapat menyesuaikan perubahan sistem pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dan analisis dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi kepustakaan melalui berbagai sumber referensi. Pengolahan data dan analisis terdiri dari analisis tapak, analisis fungsional, dan analisis spasial untuk menghasilkan konsep perancangan. Penerapan prinsip scientific method menjadi solusi untuk menghadirkan bangunan pendidikan yang fleksibel, eksploratif, serta sesuai dengan sistem pendidikan yang berlaku. Hasil analisis dan konsep perancangan pada Sekolah Dasar (SD) dengan penerapan prinsip scientific method di Kota Serang adalah penghadiran ruang dan lingkungan belajar yang fleksibel serta mendukung setiap stage of scientific method untuk meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan interpersonal siswa. Prinsip scientific method pada Sekolah Dasar (SD) diterapkan melalui analisis aktivitas dan kebutuhan ruang sesuai dengan tiga tahapan timbal balik melalui konsep perancangan tapak, gubahan massa, serta tata ruang dalam dan luar. Kata Kunci: Sekolah Dasar, Kurikulum Merdeka, Scientific Method, Fleksibilitas, Konektivitas Current educational pedagogical reforms focus more on developing interpersonal skills, creativity and critical thinking with the presence of an active and more student-oriented education system to produce human resources that suit the profile of Pancasila students in the Merdeka Curriculum. In response to this, there needs to be an appropriate approach to present elementary school buildings that are flexible, exploratory, and able to adapt to changes in the education system. This research uses a descriptive qualitative methodology approach. Data collection and analysis techniques were carried out using observation, documentation, interviews and literature studies through various reference sources. Data processing and analysis consists of site analysis, functional analysis and spatial analysis to produce design concepts. The application of the principles of the scientific method is a solution to provide educational buildings that are flexible, exploratory, and to the existing education system. The results of the analysis and design concept in Elementary Schools with the application of the principles of the scientific method in Serang City are the presence of flexible learning spaces and environments that support each stage of the scientific method to increase student’s creativity, critical thinking and interpersonal skills. The principles of the scientific method in Elementary Schools are applied through analysis of activities and space requirements to three reciprocal stages through the concepts of site design, mass composition, and interior also exterior layout. Keywords: Elementary School, Merdeka Curriculum, Scientific Method, Flexibility,Connectivity

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Arsitektur
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Mar 2025 02:48
Terakhir diubah: 07 Mar 2025 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85644

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir