IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PESERTA DIDIK PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN DI SMA NEGERI 1 SUNGKAI JAYA

HANA , LIA (2024) IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PESERTA DIDIK PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN DI SMA NEGERI 1 SUNGKAI JAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - HANA LIA.pdf

Download (343Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - HANA LIA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1602Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - HANA LIA.pdf

Download (922Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas strategi berpikir kreatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran PBL berbasis STEM dan inovatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sungkai Jaya dengan menggunakan metode penelitian eksploratif dan uji coba terkontrol secara acak. Alat penelitian yang digunakan adalah pertanyaan jawaban singkat. Pembelajaran menggunakan model PBL berbasis STEM dan strategi berpikir kreatif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, ditunjukkan dengan nilai mean N sebesar 0,49 pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas dengan nilai rata-rata N sebesar 0,27 termasuk dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di laboratorium dan ruang kontrol berbeda. Hal ini juga didukung oleh data hasil tes self-report yang memperoleh skor Sig. Rata-rata kelompok besar (kedua belah pihak) adalah 0,000, dan nilai rata-ratanya adalah 0,862. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan PBL berbasis STEM dan strategi berpikir kreatif meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan dan menyegarkan mata pelajaran. Kata Kunci : PBL, STEM, Design Thinking, Kemampuan Creative Problem Solving

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:23
Terakhir diubah: 07 Mar 2025 03:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85657

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir