, YULIDAWATI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V ( LIMA ) SEKOLAH DASAR NEGERI 02 RAMA GUNAWAN KECAMATAN SEPUTIH RAMAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengetahui.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mengeshakan.pdf - Published Version Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (162Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (197Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (233Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (464Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Keberhasilan pembelajaran khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), merupakan harapan semua pihak. Namun aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Rama Gunawan, Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah masih rendah, belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan yakni 60. Metode pembelajaran yang digunakan masih mengandalkan metode ceramah, bahkan jarang menggunakan alat peraga yang tersedia di sekolah. Siswa kurang berperan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan media torso. Metode yang penulis gunakan adalah metode deskriptif yakni dengan mencatat semua gejala yang diperoleh berdasarkan kenyataan apa adanya dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa selama dalam proses pembelajaran serta metode wawancara untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media torso dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media torso pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan aktivitas belajar siswa yakni pada siklus I diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa 55,50% menjadi 77,17%. Begitu juga dengan hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 60,83 menjadi 75,83. dan ketuntasan belajar siklus I ada 18 orang siswa, menjadi 24 orang siswa. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar dan media torso.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 07:50 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2014 07:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/857 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |