Komang, Bela Safitri (2024) PROSES KREATIF PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TARI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK KOMANG BELA SAFITRI - Komang Bela Safitri.pdf Download (270Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI_KOMANG BELA SAFITRI (FULL)_organized - Komang Bela Safitri.pdf Restricted to Hanya staf Download (1951Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI KOMANG BELA SAFITRI (TANPA BAB PEMBAHASAN) - Komang Bela Safitri.pdf Download (1020Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses kreatif mahasiswa pendidikan tari angkatan 2021 dalam membuat media pembelajaran konvensional tari. Media pembelajaran konvensional tari yang diteliti mencakup empat jenis, yakni: media pembelajaran Scrabb Geh, media pembelajaran Batapung, media pembelajaran Ulgasien dan juga media pembelajaran Spintar. Keempat media tersebut melalui tahap proses kreatif dimana dalam proses tersebut peneliti menggunakan teori proses kreatif oleh Wallas yang mencakup persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana peneliti menjelaskan proses kreatif pembuatan media pembelajaran konvensional secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keempat media pembelajaran tersebut melalui empat tahapan proses yakni tahap persiapan, dimulai dengan mahasiswa mencari masalah dan ide yang menentukan media pembelajaran konvensional yang dibuat, tahap inkubasi merupakan tahapan mahasiswa berada pada proses desain dan perancangan produk media yang telah ditentukan sebelumnya, tahap iluminasi ialah tahap proses pembuatan produk media pembelajaran dan terakhir yakni tahap verifikasi, dimana mahasiswa melakukan uji coba media pembelajaran dengan cara mempresentasikan produk media konvensional. Dapat disimpulkan bahwa keempat media yang telah dihasilkan tersebut melalui empat tahap proses kreatif yang sama, namun memiliki pembeda pada prosesnya dikarenakan keempat mahasiswa menghasilkan produk media konvensional yang berbeda. Kata Kunci : Proses kreatif, Media pembelajaran konvensional, Tari This research aims to look at the creative process of dance education students in batch 2021 of Lampung University, in creating the learning media conventional of dance. The learning media conventional of dance studied included four types namely, Scrabb Geh learning media, Batapung learning media, Ulgasien learning media, and Spintar learning media. These four media go through a creative process stage. In this research, researcher used Wallas' creative process theory, which includes preparation, incubation, illumination, and verification. This research uses a descriptive-qualitative method where the researcher explains the creative process of making conventional learning media descriptively. Data collection techniques are carried out through interviews and documentation. According to the research’s findings, there are four steps involved in creating the four learning media. The first step involves students searching for issues and concepts that will lead to the creation of the traditional learning media. The second step is incubation stage where the students creating media items that have already been decided. The third step is ilumination step where the students are developing the learning media. The final step is the verification stage, where the students test out their learning media by presenting the conventional media products. It can be concluded that The four media that have been developed were go through the same four stages of the creative process. It is because, there are only minor variations in the procedur. Keywords : Creative process, Learning media conventional, Dance
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 03:21 |
Terakhir diubah: | 21 Mar 2025 03:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85715 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |