0743023022, Gusti Wahyuning Sari (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI HUKUM - HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP. UNSPECIFIED.
|
File PDF
1. cover.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. a PERNYATAAN.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. abstrak.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover in.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4-5. Persetujua.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Riwayat Hidup.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. persembahan.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Motto.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.. sanwacana.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13.Daftar Gambar.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHA.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB V.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (15Kb) |
||
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (9Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi dari metode pembelajaran yang sering diterapkan guru mata pelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, berupa metode ceramah dan latihan soal. Kurangnya keterlibatan siswa di dalam pem- belajaran kimia, menyebabkan keterampilan proses sains siswa tidak berkembang dan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep kimia pun dapat dikatakan kurang. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh model yang efektif dalam me- ningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep pada materi hukum- hukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, berdasarkan teknik ini diperoleh kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 5 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sumber data dalam penelitian ini, diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Analisis data ditempuh dengan menggunakan uji normalitas, uji homo- genitas dua varians dan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diterapkan dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki rata-rata nilai N-gain keterampilan inferensi dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan ke- terampilan inferensi dan penguasaan konsep pada materi hukum-hukum dasar kimia daripada pembelajaran konvensional Kata kunci : pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan inferensi, penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 20 Apr 2015 06:17 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 07:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8573 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |