PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBANTUAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK

Lala, Dyah Chandra (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBANTUAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Lala Dyah Chandra.pdf

Download (176Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL Lala Dyah Chandra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3600Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TANPA PEMBAHASAN - Lala Dyah Chandra.pdf

Download (2049Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran abad 21 ditujukkan untuk mempersiapkan generasi manusia indonesia menyongsong kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Pesatnya perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini memberikan manfaat yang berlipat ganda bagi dunia pendidikan, maka pendidikan memerlukan peserta didik yang berperan aktif serta memerlukan pendidik yang menciptakan pembelajaran yang inovatif. Inovasi pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya mengembangkan media pembelajaran interaktif. Hal ini betujuan untuk menciptakan pembelajaran yang menarik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik. Penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menajdi tiga tahapan pada kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri 5 Way Serdang. Sampel berjumlah 42 peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji Effect Size. Hasil data yang diperoleh effect size sebesar 1,02 dengan interpretasi efek sangat besar. Penelitian ini menyajikan kebaharuan dengan merancang media pembelajaran animasi berbantuan model PBL yang terdapat menu dan gambar bergerak pada media sehingga menarik perhatian dan semangat peserta didik hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran Animasi, Media, PBL, Hasil Belajar, Tematik 21st century learning must be able to prepare generations of Indonesian people to support advances in information and communication technology in social life. The rapid development of technology in the current era of globalization provides multiple benefits for the world of education, so education requires students who play an active role and requires educators who create innovative learning. Learning innovation can be done in various ways, one of which is developing interactive learning media. This aims to create interesting learning so that it can improve students' thematic learning outcomes. The research used Borg & Gall's research and development which created an ecosystem into three stages in the VA and VB classes at 5 Way Serdang Public Elementary School. The sample consisted of 42 students in the experimental and control classes. The data analysis technique uses the Effect Size test. The data results obtained have an effect size of 1.02 with the interpretation of the effect being very large. This research presents novelty by designing PBL based animated learning media which contains menus and moving images on the media so that it attracts students' attention and enthusiasm. This aims to improve students' thematic learning outcomes. Keywords: Development, Animation Learning, Media, PBL, Learning Outcomes, Thematic.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 Mar 2025 07:51
Terakhir diubah: 21 Mar 2025 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/85739

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir